Pixel Code jatimnow.com

Buru Pelanggar Lalu Lintas di Kota Batu, Polisi Kerahkan Mobil Incar

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Galih Rakasiwi
Mobil incar Polres Batu.(Foto: Galih Rakasiwi)
Mobil incar Polres Batu.(Foto: Galih Rakasiwi)

Batu - Satlantas Polres Batu mengerahkan Mobil Incar untuk memburu para pelanggar lalu lintas selama 24 jam dalam rangka Operasi Patuh Semeru. Kendaraan tersebut mulai beroperasi 14 hingga 26 Juni 2022. Mobil incar dilengkapi fasilitas tilang elektronik (E-TLE) serta 2 kamera yang menghadap ke depan dan 2 kamera yang menghadap ke belakang. Jadi total ada 4 kamera.

Kasat Lantas Polres Batu AKP Indah Citra Fitriani mengatakan, selama operasi berlangsung memang ada target harus dicapai sesuai kategori Kota Batu yaitu C.

"Kan targetnya berbeda setiap wilayah, sesuai kategori ada A, B, dan C. Kota Batu kan kategori C, sehingga targetnya lebih rendah dari kategori A dan B. Tujuannya yaitu supaya anggota yang di bawah tetap bekerja secara maksimal," jelas Indah, Selasa (14/6/2022).

Lalu sistem yang dipergunakan yaitu otomatis dan manual. Sistem otomatis mobil Incar akan melakukan penindakan capture secara otomatis saat pengendara melanggar aturan lalu lintas. Seperti tidak menggunakan helm, melanggar rambu-rambu lalu lintas, dan lain sebagainya.

"Sedangkan yang menggunakan knalpot brong, kendaraan tidak lengkap, atau berboncengan tiga hingga tidak pakai spion akan kami lakukan penindakan manual," tegasnya.

Baca juga:
Disparta Sukses Gelar Ajang Pemilihan Kangmas dan Nimas 2022 Kota Batu

Indah pun mengimbau supaya para pengendara mematuhi aturan-aturan dan tidak melakukan 7 pelanggaran yang menjadi prioritas Operasi Patuh Semeru 2022.

"Contohnya harus memakai helm SNI, kecepatan tidak boleh melebihi batas, pengendara di bawah umur, pengendara mobil tidak memakai safety belt, mengemudi di bawah pengaruh miras, pakai HP saat berkendara, dan melawan arus," imbuhnya.

Baca juga:
Sambut Porprov 2022, Ratusan Penggemar E-Sport Ikuti Penjaringan Atlet

Harapannya masyarakat bisa tertib berlalu lintas. Selain untuk menjaga keselamatan pengendara itu sendiri, juga menjaga keselamatan orang lain.

Loading...

"Paling penting yaitu menekan angka kecelakaan di wilayah Kota Batu," tutupnya.

Loading...