Pixel Code jatimnow.com

Khofifah Minta OPD dan BUMD Maksimalkan Sumber Pendapatan Daerah Baru Bagi Jatim

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat memimpin Rapat Koordinasi Pembahasan RKPD (Foto-foto: Humas Pemprov Jatim)
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat memimpin Rapat Koordinasi Pembahasan RKPD (Foto-foto: Humas Pemprov Jatim)

Surabaya - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta OPD dan BUMD di lingkup pemprov terus melakukan harmonisasi dan sinergi untuk meningkatkan sumber pendapatan daerah baru.

Dengan begitu, sumber-sumber pendapatan daerah baru tersebut bisa dimaksimalkan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur.

Menurut Khofifah, realisasi nilai belanja modal dapat didongkrak dengan memaksimalkan potensi sumber pendapatan baru yang ada. Katanya, sumber pendapatan BUMD dan sumbet UPT masih potensial ditingkatkan.

"Kita bisa segera petakan mana wilayah yang potensial untuk jadi sumber income baru, untuk segera bisa kita implementasikan," ungkap Khofifah dalam Rapat Koordinasi Pembahasan RKPD bersama seluruh kepala OPD Pemprov Jatim di Gedung Negara Grahadi, Selasa (21/6/2022).

Khofifah melihat bahwa sebetulnya banyak program di berbagai UPT yang bisa dimaksimalkan menjadi sumber pendapatan baru. Inovasi dan kearitivitas dituntut untuk bisa memenuhi.

Dia pun menguatkan kembali optimisme seluruh OPD yang hadir untuk mengumpulkan semua energinya guna membuka potensi sumber income baru bagi Jawa Timur.

Baca juga:
Pemprov Jatim Raih Penghargaan Outstanding Achievement dari KemenPAN-RB

Rapat Koordinasi Pembahasan RKPD Pemprov JatimRapat Koordinasi Pembahasan RKPD Pemprov Jatim

"Ayo tingkatkan produktivitas dari semua energi yang kita miliki. Karena saya yakin ada multiple effect dari segi sosial maupun ekonomi. Misalnya ada lapangan kerja baru dan pertumbuhan ekonomi baru," terang dia.

Mantan Menteri Sosial RI ini menyuntikkan semangat dengan menilik kembali keberhasilan menjadi peringkat 1 dengan skor 99,36 Pemprov Berkinerja Terbaik Penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Tahun Anggaran (TA) 2021 dari 34 provinsi di Indonesia yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri RI.

Baca juga:
Gubernur Khofifah Ajak Muslimat NU Sidoarjo Transformasi Digital Sektor UMKM

Dia juga mengingatkan bahwa Pemprov Jatim juga baru menerima penghargaan dari KemenPAN-RB untuk tindak lanjut pengaduan masyarakat dengan outstanding achievment (capaian luar biasa) setelah tiga tahun berturut turut menerima penghargaan terbaik.

Loading...

"Hal ini semoga menjadi pelecut semangat kita untuk terus meningkatkan kinerja kita dari berbagai ikhtiar yang sedang kita lakukan. Kita buktikan capaian prestasi dari penghargaan ini sebagai fakta dan realitas di lapangan. Semangat semuanya. Saya yakin dengan bersama-sama menemukan solusi serta bisa kita temu kenali potensi. Ingat ini adalah tugas kita bersama," pungkas Khofifah.

Loading...