Pixel Code jatimnow.com

19 Bakal Calon Daftar Pilkades Serentak Kota Batu

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi
Salah satu Bacakades di Kota Batu ketika mendaftarkan diri. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)
Salah satu Bacakades di Kota Batu ketika mendaftarkan diri. (Foto: Galih Rakasiwi/jatimnow.com)

Kota Batu - Lima desa di Kota Batu bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak. Total ada 19 bakal calon kepala desa (Bacakades) yang mulai mendaftar dan mengembalikan formulir.

Lima desa yang bakal menggelar Pilkades adalah Desa Sumber Brantas, Sumbergondo, Pandanrejo dan Bulukerto yang masuk wilayah Kecamatan Bumiaji. Kemudian satu desa di Kecamatan Batu adalah Desa Pesanggrahan.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso membenarkan hal tersebut. Saat ini tahapan sudah masuk pencalonan. Laporan sementara yang masuk ada 19 bakal calon yang mendaftar.

"Secara rinci untuk Desa Sumber Brantas, Sumbergondo dan Bulukerto masing-masing ada empat bakal calon. Kemudian untuk Pandanrejo ada tujuh bakal calon. Sedangkan untuk Desa Pesanggrahan, Kecamatan Batu menjadi salah satu desa yang memiliki bakal calon terbanyak. Yakni sampai sembilan bakal calon," urainya, Senin (4/7/2022).

Tambah Punjul, sesuai aturan bakal calon hanya dibatasi lima orang. Sehingga untuk bakal calon dalam Pilkades di Pandanrejo dan Pesanggrahan secara tidak langsung akan ada yang dicoret.

"Panitia bakal melakukan penelitian, klarifikasi dan seleksi berkas bakal calon. Dalam prosesnya untuk penelitian nantinya panitia akan mengumumkan ke masyarakat untuk memperoleh masukan serta tahapan lainnya hingga ditetapkan lima orang sebagai calon kades," imbuhnya.

Selain itu, beberapa persyaratan untuk mendaftar Bacakades harus memenuhi beberapa aturan. Salah satunya bagi incumbent yang mau mencalonkan dirinya kembali tidak boleh menjabat lebih dari dua kali. 

"Nah, bagi incumbent yang ingin mencalonkan kembali wajib mengajukan surat cuti dari jabatan sejak tahapan-tahapan di mulai," ujarnya. 

Baca juga:
Ratusan Personel Siap Amankan Pilkades Serentak Kota Batu, 2 Desa Rawan Konflik

Dari data yang dihimpun ada 19 bakal calon Kades yang berpartisipasi dalam pesta rakyat tingkat desa tersebut diikuti oleh 15 nama baru. Sedangkan untuk tiga bakal calon merupakan incumbent atau petahana dan satu bakal calon merupakan penjabat Kades (Pj). 

Terpisah salah satu panitia Pilkades, Suwito Hadi yang bertugas di Desa Sumbegondo menerangkan sekarang telah memasuki tahapan perpanjangan pendaftaran bakal calon yang belum memenuhi persyaratan. 

"Tahapannya perpanjangan pendaftaran bakal calon yang belum memenuhi persyaratan. Di Sumbergondo semua pendaftar sudah melengkapi persyaratannya, tinggal kelengkapan berkas dari PN Malang tentang surat keterangan tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap," katanya. 

Untuk perpanjangan pendaftaran bakal calon yang belum memenuhi persyaratan, lanjut dia, bakal berakhir pada tanggal 9 Juli 2022. Sedangkan untuk daftar pemilih tetap (DPT), diungkap Suwito ada 3.253 hak pilih atau DPT di Desa Sumbergondo. 

Baca juga:
Dituding Palsukan Akta Lahir Kini Dilantik, Kades di Sidoarjo: Saya Tidak Tahu

"Dengan kebutuhan anggaran Pilkades Desa Sumbergondo dari Pemkot Batu sebesar Rp103 juta," ujarnya. 

Perlu diketahui dari data Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Batu telah disiapkan anggaran untuk Pilkades serentak dalam APBD tahun 2022. Total anggaran yang dipersiapkan mencapai Rp390 juta. 

Selain itu lima desa yang mengikuti pilkades akan mendapat Bantuan keuangan khusus (BKK). Yakni bantuan hibah senilai Rp850 juta yang nantinya dibagi dengan jumlah DPT.