Pixel Code jatimnow.com

Sejumlah Perahu Nelayan di Paciran Lamongan Rusak Diterjang Banjir Bandang

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Adyad Ammy Iffansah
Sejumlah warga saat mengevakuasi perahu rusak akibat banjir bandang di Kecamatan Paciran, Lamongan.(Foto: Rukun Nelayan Setempat for jatimnow.com)
Sejumlah warga saat mengevakuasi perahu rusak akibat banjir bandang di Kecamatan Paciran, Lamongan.(Foto: Rukun Nelayan Setempat for jatimnow.com)

Lamongan - Nelayan di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, turut terdampak hujan deras yang mengguyur sejak Selasa (5/7/2022) malam hingga Rabu (6/7/2022) dini hari. Perahu nelayan yang sedang bersandar terhempas derasnya arus sungai menuju laut lepas. Perahu-perahu itupun bergelimpangan dan rusak beberapa bagiannya.

Menurut penuturan warga Paciran, banjir bandang terjadi saat Kali Gayaran tidak lagi mampu menampung air ketika hujan deras mengguyur.

"Terjadi banjir hebat karena hujan semalaman. Hingga membuat perahu-perahu nelayan tradisional di Desa Paciran yang ada di Kali Gayaran luluh lantak disapu banjir karena kali tak sanggup menampung air bah," ujar Ketua Blok Ngasinan Paciran Kholidin, Rabu (6/7/2022).

Berdasarkan perhitungannya, ada 3 perahu nelayan yang hancur tak berupa. Masing-masing milik Suwandi, Hardi dan Amirin. Sejumlah perahu lainya juga mengalami kerusakana parah.

Baca juga:
Terekam CCTV, Pelaku Curanmor di Brondong Lamongan Berhasil Diringkus

"Ada tiga yang hancur. Lalu ada enam perahu yang rusak berat serta puluhan perahu yang mengalami kerusakan ringan akibat saling tabrak antarperahu yang sedang di parkir di Kali Gayaran," sebutnya.

Terpisah, Ketua Rukun Nelayan (RN) Paciran Muchlisin Amar mengatakan musibah ini sangat menganggu kegiatan pada nelayan. Sungai tempat bersandar para nelayan harusnya dilakukan pelebaran atau pengerukan sendimen lumpur yang ada.

Baca juga:
Kasus PMK di Lamongan Terus Menurun

"Nelayan kelimpungan, dan ini terus-terusan terjadi. Sampai saat ini belum ada solusinya. Kami sudah lama memperingatkan kepada pemerintah dan DPRD tentang adanya pendangkalan kali di sepanjang Pantura Lamongan tersebut. Termasuk Kali Gayaran, Desa Paciran, Lamongan," paparnya.

Dirgahayu Ri 77 Bank Jatim