Pixel Code jatimnow.com

Tak Sanggup Beri Makan, Hewan Buas Peliharaan Warga Surabaya Dievakuasi ke BKSDA

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Farizal Tito
Buaya yang dievakuasi ke BKSDA (Foto: Command Center 112)
Buaya yang dievakuasi ke BKSDA (Foto: Command Center 112)

Surabaya - Gegara tak sanggup lagi memberi makan hewan buas yang dipeliharan, seorang warga Sukomanunggal Surabaya meminta bantuan tim gabungan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya.

Para petugas diminta untuk mengevakuasi beberapa hewan buas. Diantaranya buaya berukuran 1,2 meter, seekor ular dengan panjang 1 meter, seekor biawak sepanjang 1 meter dan 2 ekor monyet.

Dari data yang dihimpun command center 112, hewan-hewan tersebut berhasil dievakuasi dari rumah Kwee Tjie San (77) di Jalan Simo Rukun 7/27, Sukomanunggal, Surabaya sekitar pukul 13.00 WIB, Jumat (8/7/2022).

"Keterangan dari pemilik menerangkan bahwa hewan-hewan tersebut telah lama dipeliharanya namun karena alasan tidak mampu memberi makan akhirnya meminta pertolongan 112 Command Center untuk mengevakuasinya," ujar salah satu petugas command center 112, Intan Rahastin.

Baca juga:
Diterpa Isu Lalai Urus Satwa, Disparbud Lamongan Beri Penjelasan

Dia mengatakan setelah berhasil dievakuasi, hewan-hewan buas tersebut akhirnya diserahkan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jatim.

"Sesuai permintaan dari pemilik hewan tersebut, akhirnya tim DPKP Kota Surabaya menyerahkan semuanya ke BKSDA," bebernya.

Baca juga:
Buaya Muara yang Muncul di Kediri Berhasil Ditangkap Warga