Pixel Code jatimnow.com

Daging Kambing Empuk dan Bebas Prengus, Begini Cara Mengolahnya

Editor : REPUBLIKA.co.id Reporter : REPUBLIKA.co.id
Ilustrasi satai kambing (Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang)
Ilustrasi satai kambing (Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang)

jatimnow.com - Ingin mengolah daging kambing saat Idul Adha? Executive sous chef dari The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Eric Kusnadi, menyebut, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar satai kambing tidak bau prengus dan bisa empuk.

Agar daging kambing tidak bau prengus, Eric menyarankan untuk tidak membasuh daging dengan air. Setidaknya, jangan mencucinya secara berlebihan.

"Kalau kotor kena pasir pas pemotongan, cukup diseka saja, jangan pakai air," kata Eric dalam acara upacara pembukaan promo kuliner Betawi "A Week in Batavia" di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, dikutip Sabtu (9/7/2022).

Eric menjelaskan daging kambing bisa menjadi prengus jika terkena air. Selama ini, dia menerapkan metode pengolahan seperti itu dan berhasil dengan baik.

Bagaimana dengan daging yang alot? Eric mengatakan ada beberapa cara yang bisa dilakukan menghindari tekstur alot, misalnya menggunkan nanas parut, baking soda, atau jika ingin lebih sehat bisa memakai yoghurt.

"Itu bisa mengempukkan daging kambing," ujar Eric.

Menurut Eric, pemberian bahan-bahan tersebut mengubah sedikit cita rasa daging. Namun, hal itu tidak mempengaruhi rasa daging secara keseluruhan.

Untuk soda kue, Eric menyarankan untuk memberikan sedikit saja, karena dapat memberikan rasa pahit. Eric mencontohkan bahwa dirinya biasa menggunakan soda kue dengan telur untuk memasak satai. Campuran setengah sendok makan soda kue dan satu telur untuk sekitar dua kilogram daging kambing.

Baca juga:
Yayasan Pesantren Islam di Surabaya Ini Sembelih Kurban secara Eco Green

"Telur satu bisa buat dua kilogram daging, dimarinasi saja. Jangan terlalu banyak agar tak hancur dagingnya," ujar Eric.

Eric menjelaskan telur akan mengikat daging dan membuat daging empuk. Untuk nanas, dia menyarankan untuk sedikit melembutkannya terlebih dahulu.

"Kalau pakai nanas, ya nanasnya di-blender. Nggak boleh lama. Kalau konsistensi nanas terlalu banyak bisa ancur juga dagingnya,” kata dia.

Eric menyarankan menggunakan nanas sebanyak dua ruas ibu jari untuk satu kilogram daging kambing. Nanas akan memberikan sedikit rasa manis pada daging.

Baca juga:
Pemkot Pasuruan Salurkan 6 Sapi dan 105 Ekor Kambing Kurban untuk Warga

"Nanti campur air sedikit dan diaduk dengan dagingnya," ujar Eric.

Baca Artikel Asli:

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama jatimnow.com dengan Republika.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Republika.co.id