Liputan Haji 2018

Menteri Agama Lepas 450 JCH Kloter Pertama Embarkasi Surabaya

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin saat berdialog dengan salah satu Jamaah Calon Haji

jatimnow.com - Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin melepas 450 Jamaah Calon Haji (JCH) keloter pertama asal Kabupaten Situbondo dari Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Selasa (17/7/2018).

Saat prosesi pelepasan JCH keloter pertama, Menteri Lukman, di dampingi pejabat kementerian terkait dan anggota Komisi VIII DPR RI. Selain itu juga tampak Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jatim dan Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan.

"Pertama, kami ucapkan selamat kepada jemaah haji kloter satu dan seluruh jemaah haji Indonesia yang alhamdulillah tahun ini bisa naik haji, semoga kita senantiasa dalam keadaan selamat dan dilindungi oleh Allah," kata Menteri Lukman.

Ia melanjutkan, proses haji itu dilaksanakan juga sebagai bentuk rasa syukur atas takdir Allah menunaikan ibadah haji yang dianugerahkan kepada para jemaah.

"Karena tidak semua hamba-hamba Allah mendapatkan kehormatan, kemuliaan, dipilih oleh Allah menjadi tamu-tamu-Nya," kata Lukman.

Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Sesditjen PHU) Muhajirin Janis di Embarkasi Surabaya menambahkan, kloter pertama Embarkasi Surabaya semuanya berasal dari Situbondo, total 450 orang.

"Mereka dijadwalkan terbang dari Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo sekira pukul 10.00 WIB menuju Bandara Madinah, Arab Saudi. Dua kloter lainnya dari Bondowoso dan Banyuwangi juga dijadwalkan terbang hari ini," terangnya.

Muhajirin menambahkan, bersamaan dengan SUB 01, akan ada 10 kloter lain yang akan diberangkatkan hari ini dari lima embarkasi lainnya.

"Proses pelepasan kita buat simpel. Ini agar jemaah tidak terlalu lama menunggu. Jadi total ada 11 kloter dari seluruh Indonesia yang berangkat hari ini," tambahnya.

Tahun ini,  total ada 37.055 jemaah yang akan diberangkatkan dari Embarkasi Surabaya. Mereka berasal dari Jawa Timur,  Bali,  dan NTT.

Reporter: Fahrizal Tito
Editor: Arif Ardianto

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter