Pixel Code jatimnow.com

Bayi Perempuan Ditemukan di Bekas UGD Puskesmas Campurdarat Tulungagung

Editor : Sofyan Cahyono Reporter : Bramanta Pamungkas
Foto bayi yang ditemukan. (Foto: Bramanta Pamungkas)
Foto bayi yang ditemukan. (Foto: Bramanta Pamungkas)

Tulungagung - Sesosok bayi ditemukan di sebuah bangunan bekas UGD Pukesmas Campurdarat, Kabupaten Tulungagung. Bayi berjenis kelamin perempuan itu berada di sebuah meja dan hanya dibungkus selimut. Ditemukan pula sebuah tas berisi popok dan susu formula. Saat ini bayi menjalani perawatan di RSUD dr Iskak Tulungagung.

Bayi pertama kali ditemukan Sugihartono (50). Pria yang sedang bekerja sebagai security di proyek pembangunan rumah sakit itu mengatakan bayi ditemukan sekitar pukul 05.00 WIB. Saat itu, Sugihartono sedang berjalan di sekitar lokasi dan mendengar suara tangisan bayi. Setelah dicari asal suara dari bekas ruang UGD Puskesmas Campurdarat.

"Saya langsung memanggil warga setempat dan melaporkan temuan ini ke pihak berwajib," ujarnya, Sabtu (30/07/2022).

Saat ditemukan, kondisi bayi terlihat sangat sehat. Tali pusarnya masih menempel di perut, namun sudah terlihat bersih. Diperkirakan usia bayi antara 3-5 hari. Untuk pertolongan pertama, bayi dibawa ke bidan setempat. Pelayanan di Puskesmas Campurdarat dipindahkan ke lokasi lain karena akan dibangun rumah sakit di atas lahannya.

Baca juga:
Tak Mau Ambil Risiko, Bayi Dibuang di Tulungagung akan Diserahkan ke Keluarga

"Kondisinya sangat sepi tadi saat ditemukan, puskesmas ini sudah pindah," tuturnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Tulungagung, Iptu Mohammad Ansori menerangkan pihaknya masih menyelidiki lebih lanjut kasus temuan bayi tersebut. Saat ini bayi yang memiliki panjang 48 cm dan berat 2,7 kg menjalani perawatan di RSUD dr Iskak. Polisi juga telah meminta keterangan terhadap sejumlah saksi.

Baca juga:
Pembuang Bayi di Tulungagung Ternyata Janda asal Pacitan, Begini Ceritanya

"Bayi dalam kondisi sehat dan saat ini sudah dibawa ke rumah sakit," pungkasnya.