Pixel Code jatimnow.com

Tersungkur saat Dikejar, Bandit Motor di Surabaya Dihajar Warga

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Zain Ahmad
Bandit motor yang sempat dihajar warga kini diamankan di Mapolsek Mulyorejo, Surabaya (Foto: Polsek Mulyorejo/jatimnow.com)
Bandit motor yang sempat dihajar warga kini diamankan di Mapolsek Mulyorejo, Surabaya (Foto: Polsek Mulyorejo/jatimnow.com)

Surabaya - Satu dari dua bandit babak belur dihajar massa usai tepergok mencuri motor di kawasan Mulyorejo Utara, Surabaya. Bandit itu ditangkap setelah tersungkur akibat dikejar warga.

Bandit motor itu bernama Agus Budiyanto (28), warga Jalan Jemur Wonosari Gang Lebar, Surabaya. Sementara temannya yang berhasil kabur berinisial RD. Dia kini sudah ditetapkan sebagai DPO.

"Satu pelaku (pencurian motor) dapat kami amankan. Saat ini sudah kami tahan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut," terang Kapolsek Mulyorejo, Kompol Ardi Purboyo melalu Kanitreskrim Iptu Soekram saat dikonfirmasi, Selasa (9/8/2022).

Soekram menjelaskan, pencurian motor itu terjadi pada akhir Juli 2022. Sebelum diamankan dan diamuk massa, pelaku Agus lebih dulu berkeliling mencari sasaran bersama temannya RD.

Ketika melintasi pergudang di Jalan Mulyorejo Utara, mereka melihat barisan motor terparkir. Karena kondisi sedang sepi, keduanya langsung beraksi.

Pelaku Agus menunggu di atas motor sambil mengawasi suasasa sekitar. Sementara pelaku RD bertugas mengeksekusi motor sasaran. RD berhasil menggondol motor Honda Beat Hitam bernopol AG 2447 DF yang terparkir itu.

Pelaku RD lalu membawa motor curian itu dengan dinaiki lewat pintu samping gudang. Karena jalannya sedikit tinggi, RD kemudian dibantu oleh Agus menurunkan motor.

Baca juga:
Tepergok Sembunyi di Selokan usai Curi Motor Warga Purutrejo, Pria Ini Dimassa

Selanjutnya, motor curian tersebut dibawa beriringan ke arah timur. Dan belum jauh melarikan diri, korban yang saat itu berada di dalam gudang keluar dan mengetahui motornya raib dicuri.

Seketika itu korban berteriak maling ke arah kedua pelaku. Teriakan korban rupanya didengar warga dan pengguna jalan yang kebetulan melintas, hingga kemudian mengejar para pelaku.

Warga yang sudah geram, langsung menghajar Agus hingga babak belur. Sementara RD berhasil melarikan diri. Beruntung, aksi massa dapat diredam anggota Polsek Mulyorejo yang saat itu sedang patroli. Agus dievakuasi, warga dibubarkan.

Baca juga:
Terhalang Palang Pintu Kereta Api, Pencuri Motor di Surabaya Nyemplung Sungai

"Jadi warga ini mengejar kedua tersangka saat korban meminta pertolongan. Kemudian dapat diamankan saat motor yang dikendarai tersangka Agus ini ditendang warga. Di situlah kemudian tersangka ini dimassa," jelasnya.

Setelah berhasil dievakuasi, pelaku Agus bersama barang bukti langsung dibawa ke Mapolsek Mulyorejo untuk diperiksa. Kepada penyidik, Agus mengaku baru pertama kali ini mencuri motor. Itupun diajak oleh RD.

"Kami tidak percaya begitu saja. Pengakuannya masih akan terus kami dalami dan kembangkan. Untuk mencari TKP lainnya, juga termasuk memburu satu temannya yang kini kabur," tegas Soekram.