Pixel Code jatimnow.com

Gerindra Jatim Usulkan Khofifah Dampingi Prabowo di Pilpres 2024

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Ni'am Kurniawan
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Khofifah Indar Parawansa di Grahadi, Surabaya pada Mei 2022 lalu (Foto: Dok. jatimnow.com)
Pertemuan Prabowo Subianto dengan Khofifah Indar Parawansa di Grahadi, Surabaya pada Mei 2022 lalu (Foto: Dok. jatimnow.com)

Surabaya - DPD Partai Gerindra Jatim mengusulkan Khofifah Indar Parawansa mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Gerindra Jatim Kharisma Febriansyah. Dia menilai Khofifah sebagai sosok yang paling cocok berpasangan dengan Prabowo saat Pilpres 2022.

Selain saat ini menjabat jadi gubernur Jatim, Khofifah juga masih aktif sebagai ketua Muslimat NU. Dia juga pernah dipercaya sebagai Menteri Sosial (Mensos) RI.

"Secara pemahaman tentang ilmu pemerintahan, track record beliau menjadi menteri, menjadi gubernur, nilainya bagus. Beliau salah satu gubernur terbaik lah di Pulau Jawa ini. Dan pengalaman beliau juga luar biasa jika menjadi wakil presiden," terang Kharisma, Sabtu (20/8/2022).

Menurut Kharisma, munculnya nama Khofifah untuk mendampingi Prabowo itu, menyusul pernyataan Ketum Gerindra itu untuk maju sebagai Capres 2024.

Kesiapan Prabowo itu berdasarkan suara-suara kader Gerindra di seluruh Indonesia, salah satunya Jatim dalam Rapimnas kemarin.

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Khofifah Indar Parawansa di Grahadi, Surabaya pada Mei 2022 laluPertemuan Prabowo Subianto dengan Khofifah Indar Parawansa di Grahadi, Surabaya pada Mei 2022 lalu

Kharisma menyebut, usulan Khofifah sebagai pendamping Prabowo kali ini ia dengar dari para kader Gerindra di Jatim. Mulai pengurus DPD, DPC, ranting, hingga anak ranting.

Baca juga:
Prabowo Instruksikan Gerindra Jatim Bantu Korban Semeru, Sadad: Laksanakan

"Kalau kita di DPD (Gerindra) Jawa Timur, keinginannya ya kita siap memenangkan. Tapi kalau boleh mengusulkan ya kita usulkan Bu Khofifah," tegas pria yang juga menjabat Kepala Sekolah Kader DPP Gerindra itu.

Dirinya berharap, apa yang menjadi pandangan DPD Gerindra Jatim itu bisa menjadi bahan pikiran di meja DPP. Meskipun hingga saat ini, Gerindra dan PKB telah membangun kerja sama politik untuk Pemilu 2024.

"Siapapun kami hormati. Karena PKB adalah mitra koalisi Gerindra untuk menghadapi Pemilu serentak 2024 sudah ada kesepakatannya itu kerja samanya. Jadi siapaun yang diusung PKB, entah Cak Imin ataupun Bu Khofifah kami di Gerindra Jawa Timur siap bekerja sama," tambahnya.

Hingga kini, koalisi PKB-Gerindra yang terbentuk dengan nama Koalisi Indonesia Raya (KIR) masih belum memunculkan nama capres dan cawapres. Kedua partai masih nampak memunculkan sosok ketua umumnya masing-masing. Gerindra dengan Prabowo Subianto dan PKB mengusung Muhaimin Iskandar.

Baca juga:
Mengulik Peluang Tiga Jenderal TNI Jadi Capres 2024

Sebelumnya, sinyal kedekatan Gerindra dengan Khofifah beberapa kali memang sudah terlihat. Sejumlah elit Gerindra seperti Sekjen Ahmad Muzani telah menemui Khofifah di Grahadi, dalam rangkaian aktivitas safari politiknya, pada akhir Februari 2022.

Pertemuan antara Khofifah dan elit Gerindra itu berlangsung terbuka. Tampak Khofifah juga menjamu kedatangan mereka dengan makan di halaman belakang Grahadi. Berbagai pujian juga dilontarkan Muzani kepada Khofifah.

Tak berhenti di situ. Pada Idul Fitri Mei 2022 lalu Ketum Gerindra Prabowo Subianto bertemu Khofifah di Gedung Negara Grahadi di Surabaya.