Pixel Code jatimnow.com

Pastikan Program RTLH Tepat Sasaran, Bupati Sampang Blusukan Kampung

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Fathor Rahman
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengunjungi pemilik rumah tidak layak huni di Desa Karang Penang Onjur, Kecamatan Karang Penang (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)
Bupati Sampang H. Slamet Junaidi mengunjungi pemilik rumah tidak layak huni di Desa Karang Penang Onjur, Kecamatan Karang Penang (Foto: Fathor Rahman/jatimnow.com)

Sampang - Bupati Sampang H. Slamet Junaidi blusukan ke sejumlah rumah warga miskin di Desa Karang Penang Onjur, Kecamatan Karang Penang, Kamis (1/9/2022).

Kunjungan ini sekaligus sebagai kroscek terhadap penerima bantuan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) tahun ini.

Saat blusukan, Bupati Junaidi didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Ir. R.P. Muhammad Zis dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr. Abdulloh Najich.

Di lokasi pertama, Junaidi mengunjungi sepasang suami istri usia senja berkehidupan kurang mampu. Rumah sepasang petani tersebut memperihatinkan tidak layak huni.

Pada lokasi kedua, rombongan menyambangi rumah nenek Busadi. Junaidi berbicara langsung dengan mereka. Bahkan memberikan bantuan uang tunai di luar anggaran pemerintah.

Rumah kedua warga miskin tersebut akan dibangun, melalui program RTLH Tahun 2022, bersamaan dengan 37 warga lain yang tercatat penerima bantuan. Total bantuan RTLH tahun ini sebanyak 39 titik lokasi yang bersumber dari APBN.

Baca juga:
Pemkab Sampang dan KP3 Kompak Maksimalkan Pengawasan Distribusi Pupuk

Junaidi mengaku sengaja blusukan untuk memastikan penerima bantuan renovasi RTLH tepat sasaran. Sehingga ia datang langsung dan bertatap muka dengan penerima.

"Bantuan RTLH ini menyasar warga yang kurang mampu. Utamanya yang memang memiliki tempat tinggal kurang layak. Saya lihat beberapa warga yang kami kunjungi memang layak jika rumahnya direnovasi," jelas dia.

Mantan anggota DPR RI itu menegaskan bahwa program yang direalisasikan diharapkan betul-betul dirasakan dan bermanfaat untuk masyarakat. Sehingga warga miskin memiliki rumah yang layak huni.

Baca juga:
Sidak Proyek Jalan Kabupaten, Komisi III DPRD Sampang Sebut Temukan Kejanggalan

Direncanakan kunjungan dan kroscek lokasi penerima bantuan RTLH akan berlanjut. Hal itu dilakukan untuk menghindari realisasi RTLH salah sasaran. Selain perbaikan rumah, Junaidi juga memberikan bantuan uang dari kantong pribadi saat berkunjung.

Berdasarkan informasi dari DPRKP Sampang, program renovasi RTLH akan mulai direalisasikan pada September 2022.