Pixel Codejatimnow.com

Warga Kota Mojokerto Geger, Dikira Biawak Ternyata Buaya

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Achmad Supriyadi
Buaya yang ditangkap warga di Kota Mojokerto. (Foto-foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)
Buaya yang ditangkap warga di Kota Mojokerto. (Foto-foto: Achmad Supriyadi/jatimnow.com)

jatimnow.com - Seekor buaya ditemukan dan ditangkap warga di Lingkungan Sumolepen RT 3 RW 4, Kelurahan Balongsari, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto.

Buaya dengan panjang sekitar 1,2 meter itu pertama kali ditemukan di pinggir selokan berdiameter 2 meter oleh Musrifin (60) pada Selasa (18/10/2022) sore.

Buaya itu membuat gempar warga sekitar karena daerah penemuannya berada di tengah kota yang agak jauh dengan sungai.

"Awalnya saya kira itu nyambek (biawak) saya panggil teman-teman, lalu muncul kuncung (moncong). Saya teriak itu buaya awas bahaya," kata Musrifin, Jumat (21/10/2022).

Ia menambahkan, kemungkinan besar buaya itu hanyut aliran selokan dari arah barat. Saat ditemukan, kondisi selokan penuh dengan air karena bersamaan situasi turun hujan gerimis.

"Airnya peres (penuh) kan waktu itu hujan. Lalu warga berinisiatif menangkap buaya itu karena banyak anak kecil dan warga merasa takut. Terbawa arus dari barat lalu ke timur. Warga takut karena gak pernah lihat buaya," tukasnya.

Baca juga:
Buaya Kerap Muncul di Sungai Kencong Jember, Muspika Pasang Banner Peringatan

Sementara itu, orang yang penangkap buaya, Muhammad Purwanto menjelaskan, buaya itu sudah ditangkap tiga hari lalu dan saat ini dimasukkan ke akuarium.

"Saat hujan, saya dibilang sama Pak Musrifin kalau ada buaya. Banyak yang coba menangkap, saya tidak tahu jenis buayanya. Kemungkinan buaya itu hanyut, saya rawat sudah tiga hari," ungkap pria yang disapa Ghofur ini.

Baca juga:
Video: Buaya Berkeliaran di Sawah Warga Tulungagung

Menurut Ghofur, warga mulai mencoba menangkap sejak pukul 19.00 WIB dan berhasil ditangkap pukul 23.00 WIB setelah ditunggu keluar dari gorong-gorong.

"Waktu ditangkap tidak ngamuk. Saya gak tahu itu hanyut darimana atau punya orang lepas. Kata orang-orang sebelumnya anak kecil pernah melihat buaya itu, ya tidak apa-apa kalau dijual," pungkasnya.