Pixel Code jatimnow.com

Mengenal Para Pahlawan Indonesia yang Tergambar Pada Uang Kertas

Editor : Narendra Bakrie
Gambar pahlawan dalam mata uang rupiah kertas (Foto: Rama Indra/jatimnow.com)
Gambar pahlawan dalam mata uang rupiah kertas (Foto: Rama Indra/jatimnow.com)

jatimnow.com - Hari Pahlawan 2022 akan jatuh pada Kamis, 10 November besok. Sebagai warga Indonesia, apakah kamu sudah tahu siapa pahlawan-pahlawan yang fotonya tergambar pada uang rupiah jenis kertas?

Redaksi jatimnow.com merangkumnya berdasarkan website resmi Bank Indonesia dan berbagai sumber:

Uang kertas 1.000 rupiah

Uang ini diterbitkan pertama kali pada 29 November 2000, dengan gambar Kapitan Pattimura.

Diolah dari berbagai sumber, Pattimura memiliki nama asli Thomas Matulessy, yang lahir di Maluku Tengah pada 8 Juni 1783.

Ia dikenal dengan keberaniannya melawan dan menentang kolonialisme VOC Belanda di bumi Maluku pada 1817.

Uang kertas 2.000 rupiah

Uang ini pertama kali diterbitkan pada Tahun 2016 dengan menampilkan sosok Mohammad Husni Thamrin. Pahlawan ini lahir di Batavia (Jakarta) pada 16 Februari 1894.

Dia mendapat gelar pahlawan karena menjadi tokoh pertama yang mewakili Indonesia dalam kursi parlementer Dewan Rakyat (Volksraad) masa kepemimpinan Hindia Belanda di Batavia, serta masuk tokoh penting dalam memajukan dunia sepak bola di tanah air.

Uang kertas 5.000 rupiah

Uang ini mulai beredar Tahun 2016 dengan menampilkan sosok pahlawan K.H. Idham Chalid. Pahlawan ini lahir di Kalimantan Selatan pada 27 Agustus 1921.

Di masyarakat, Idham dikenal sebagai ulama dan seorang politikus yang pernah menjabat wakil perdana menteri Indonesia, ketua MPR, DPR dan pernah menjabat sebagai Ketua Thanfidziyah NU yang memiliki prinsip rahmatan lil'alamin.

Uang kertas 10.000 rupiah

Uang ini beredar Tahun 2016 dengan gambar pahlawan pejuang kemerdekaan dari timur, Frans Kaisiepo. Pria dengan tampilan gempal itu lahir di Papua, pada 10 Oktober 1921.

Baca juga:
Pagelaran UMKM dan Budaya dalam Bingkai Pahlawan Tour XIII 2022 oleh HDCI

Dia merupakan pahlawan sekaligus gubernur pertama Papua. Dalam sejarahnya pernah menjadi Envoy Republik yang mengusahakan keikutsertaan Papua dalam Republik Indonesia dan juga terlibat dalam perumusan Republik Indonesia Serikat di konferensi Malino 1946.

Uang kertas 20.000 rupiah

Uang ini diedarkan Tahun 2016, dengan memampang gambar Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau dalam uang tertulis G.S.S.J Ratulangi, pahlawan kelahiran Sulawesi Utara pada 15 November 1890.

Ratulangi merupakan jebolan anggota PPKI semasa dengan Soekarno dan pernah menjabat sebagai gubernur pertama di Sulawesi. Dia juga dikenal sebagai seorang cendekiawan dan terkenal dengan konsep berpikir filosofis 'si tou timou tumou tou' atau manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.

Uang kertas 50.000 rupiah

Uang ini dirilis Tahun 2016 menampilkan pahlawan bernama Ir. Djoeanda Kartawidjadja. Pahlawan ini lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 14 Januari 1911.

Ir Djoeanda memiliki julukan Menteri Maraton, karya abadi strategisnya yaitu Deklarasi Djuanda yang terjadi pada 13 Desember 1957. Saking tenarnya, dia hingga saat ini namanya terus diabadikan untuk menjadi salah satu nama bandara di Jawa Timur

Baca juga:
Lagu Kebyar-Kebyar dan Padamu Negeri Warnai Penetapan APBD Surabaya 2023

Uang kertas 100.000 rupiah

Uang ini beredar Tahun 2016 yang menampilkan sosok pahlawan legendaris, yaitu founding father Bangsa Indonesia, Ir. Soekarno dan wakilnya Drs. Mohammad Hatta. Soekarno lahir di Surabaya pada 6 Juni 1906, sedangan Hatta lahir di Bukittinggi 12 Agustus 1902.

Keduanya adalah presiden dan wakil presiden pertama Indonesia.

 

Reporter: Rama Indra