Pixel Code jatimnow.com

Raih WTP ke-6, Mas Ipin Komitmen Bekerja Sebaik Mungkin untuk Masyarakat

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Bramanta Pamungkas
Mas Ipin saat menerima penghargaaan WTP (Foto-foto: Prokopim Trenggalek)
Mas Ipin saat menerima penghargaaan WTP (Foto-foto: Prokopim Trenggalek)

jatimnow.com - Meraih predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke-6 secara berturut-turut sejak tahun 2017, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin berkomitmen bekerja sebaik mungkin untuk masyarakatnya.

Banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan kepala daerah muda ini dalam waktu dekat. Bencana alam akibat cuaca ekstrem di awal musim penghujan 2022-2023 ini, memaksa Bupati Arifin untuk serius melakukan penanganan pemulihan pascabencana.

Tidak hanya itu, pemulihan ekonomi pascakrisis global juga harus dikejar. Fokusnya sektor primer seperti agro, UMKM dan juga pariwisata berbasis komunitas dan desa. Ini yang menjadi prioritas kepala daerah yang akrab disapa Mas Ipin itu.

WTP merupakan opini audit tertinggi dari BPK terkait pengelolaan anggaran di kementerian, lembaga negara maupun pemerintah daerah. Penilaian ini diberikan bila laporan keuangan kementerian atau lembaga negara maupun pemerintah daerah dianggap telah sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik dan bebas dari salah saji material.

Baca juga:
Dua Kali Berturut Raih WTP, Pemkot Pasuruan Terima Penghargaan dari Kemenkeu RI

Untuk pemerintah daerah, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKHP) harus mempertimbangkan 4 (empat) kriteria, yakni kesesuaian laporan keuangan dengan SAP (Standar Akuntansi Pemerintahan), kecukupan pengungkapan sesuai SAP, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, serta efektivitas SPIP (Sistem Pengendalian Intern Pemerintah).

Penghargaan Opini WTP untuk Trenggalek ini diserahkan langsung oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa kepada Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin di Isyana Ballroom, Hotel Bumi, Surabaya, Senin (14/11/2022).

Baca juga:
Pemkab Lamongan Raih Opini WTP 6 Kali Beruntun, Apa Dampak Bagi Masyarakat?

"Saya bersyukur berterima kasih kepada seluruh jajaran di OPD yang telah bekerja keras mempertahankan akuntabilitas keuangan daerah sehingga memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian 6 kali berturut-turut," ujar Mas Ipin.

"Tentu ini tidak mudah. Untuk mempertahankan maka kita terus update semua regulasi. Kemudian bekerja sebaik mungkin, baik dari segi perencanaan, penganggaran maupun evaluasi setelah pengerjaan," tandasnya.