Sambut IMF-World Bank Group, BMKG Banyuwangi Pasang Radar Maritim

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Kepala BMKG Banyuwangi, Supriyono bersama tim

jatimnow.com - Sejumlah pengerjaan proyek dalam rangka menyambut annual meeting IMF-World Bank Group (WBG) di Banyuwangi dikebut. Tak hanya transportasi udara dan darat, tapi moda angkutan laut pun dipersiapkan sedemikian matang.

Kepala BMKG Banyuwangi, Supriyono mengatakan bahwa, sebagai penunjang moda angkutan laut pihaknya akan memasang radar maritim yang dapat mengetahui perubahan cuaca yang terjadi di kawasan perairan Selat Bali.

Selama ini, di Banyuwangi hanya memiliki alat Automatic Weather Station (AWS) Maritim yang dapat memberikan informasi mengenai, tinggi muka air laut, angin, suhu, arah dan kecepatan angin, dan hujan.

"Radar Maritim ini alat kelebihannya juga dapat mengukur ketinggian arus dan tinggi gelombang. Lebih komplit lagi dari AWS Maritim," kata Supriyono di Pelabuhan Boom Banyuwangi, Jumat (3/8/2018).

Nantinya akan ada dua shelter dan satu antena yang dipasang di dua lokasi, di Pantai Waru Doyong Kalipuro dan di Pelabuhan Boom yang dikelola Dinas Perhubungan Laut UPP Banyuwangi.

"Karena nanti IMF-WBG di Bali berlangsung Oktober tanggal 12, kami targetkan September selesai dan bisa dioperasikan," ujarnya.

Lebih jauh, alat atau instrumen penjunjang keselamatan transportasi laut ini dapat memberikan data-data pertumbuhan dan perubahan cuaca yang berstandar internasional.

Supriyono menambahkan, terkait dengan alat Radar Maritim ini akan dibangun pula di Pelabuhan Bajo Lombok yang pengerjaannya dilakukan oleh orang pihak ketiga atas instruksi BMKG pusat.

"Selain itu, kelebihan alat ini (Radar Maritim) dapat mengetahui pergerakan arus yang berguna bagi nelayan. Karena ikan-ikan di laut kita ini cenderung mengikuti arus yang membawa plankton, disitu ikan berkumpul," tutupnya.

Reporter: Hafiluddin Ahmad
Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter