Pixel Code jatimnow.com

Rekomendasi Menu Sarapan di Kota Batu, Dijamin Enak dan Kenyang

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Galih Rakasiwi

jatimnow.com - Sebagian besar orang Indonesia, sarapan atau makan pagi cukup penting dalam kehidupan. Sebagai aspek penting dalam hidup, sarapan memiliki ciri khasnya masing-masing.

Sebagai orang yang lahir, besar, dan tinggal di Kota Batu, tentu saja saya sudah cukup akrab dengan menu-menu sarapan yang ada di sini.

Meski tak ada menu sarapan yang benar-benar khas dari Kota Batu, tapi semua menu yang akan saya sebutkan di bawah tidak akan mengecewakan. Tidak hanya enak, tetapi juga mengenyangkan karena sebagian besar menu adalah makanan berat.

Apa saja menu sarapan di Kota Batu yang enak dan mengenyangkan itu? Berikut pilihannya.

1. Nasi Empok Wakini
Warung nasi empok ini adalah satu dari sekian banyak tempat makan di Kota Batu yang tenar. Harganya yang murah meriah dan porsinya yang banyak membuat Nasi Empok Wakini jadi menu sarapan andalan.

Buat kalian yang belum tahu, nasi empok merupakan campuran nasi dan jagung. Nasi empok biasa disajikan dengan sayur pedas berupa tahu dan tempe yang dipotong dadu. Lauk pendampingnya beragam, ada dadar jagung, mendol, telur, terong balado, ati ampela, dll. Warung yang terletak di Desa Giripurno, bagian timur Kota Batu.

Baca juga:
Tempat Nongkrong Asik di Lereng Gunung Welirang, Intip Keseruannya

Bermodalkan uang Rp10.000-Rp15.000 saja kalian sudah bisa menikmati seporsi nasi empok lengkap dengan lauk pendamping lainnya. Usahakan untuk datang pagi sekitar pukul 7 atau 8 ketika nasinya masih hangat-hangatnya.

2. Nasi Pecel Mak Tum
Kalau kalian sedang berada di sekitar Alun-Alun Kota Batu dan sedang ingin sarapan, maka Nasi Pecel Mak Tum bisa jadi pilihan yang tepat. Lokasinya berada di sebelah selatan Alun-Alun Kota Batu, dekat Kedai Lorong. Sembari menikmati suasana pagi di alun-alun, makan sepiring pecel tentu saja akan terasa nikmat sekali.

Tidak perlu khawatir soal harga, sebab dengan bermodalkan Rp10.000-Rp15.000 saja, sepiring nasi pecel dengan berbagai lauknya sudah bisa kalian nikmati. Itu sudah sama minumannya, lho. Dijamin tidak mengecewakan lah. Wareg sampai siang!

Baca juga:
Balai Uji KIR Kota Batu Ditargetkan Beroperasi Maret 2023

3. Ketan Lorong
Masih di daerah Alun-Alun Kota Batu, kalau kalian tidak mau sarapan yang berat-berat, kalian bisa coba makan ketan yang berada di sebelah barat Nasi Pecel Mak Tum. Kedai Ketan Lorong namanya. Tempat ini langganannya bapak-bapak di pagi hari, nih. Terlihat dari banyaknya bapak-bapak yang mampir ke sini untuk sarapan setelah salat subuh di masjid.

Entah hanya untuk minum kopi dan susu atau makan ketan. Kalau masih pagi, ketannya masih hangat. Dicampur dengan bubuk kedelai dan kelapa parut membuat sensasi makan ketan jadi terasa nikmat. Tentu saja disambi menikmati suasana pagi di pusat Kota Batu.

4. Roti Goreng Suketan
Kalau ingin sarapan roti-rotian, Roti Goreng Suketan mungkin bisa jadi pilihan tepat. Roti goreng legendaris ini sudah ada sejak akhir tahun 60-an, lho. Tidak hanya roti goreng, kalian bisa coba menikmati cakwe atau roti moho. Roti Goreng Suketan ini bisa dijumpai di gerobak keliling sekitar Kota Batu. Namun, kalau kalian ingin langsung beli dan tahu di mana pabriknya, silakan berkunjung ke Jalan Ikhwan Hadi Gang 3 No. 247, Kelurahan Ngaglik, Kecamatan Batu.