Pixel Code jatimnow.com

Selamat! Lapas Bojonegoro Raih Peringkat Satu IKPA KPPN

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Misbahul Munir
Kalapas Bojonegoro Rony Kurnia. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)
Kalapas Bojonegoro Rony Kurnia. (Foto: Misbahul Munir/jatimnow.com)

jatimnow.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bojonegoro meraih peringkat pertama penilaian Indikator Pelaksanaan Anggaran (IKPA) tertinggi dari Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bojonegoro.

Kalapas Bojonegoro, Rony Kurnia menyebut berdasarkan data dari ALCo pada 29 Desember 2022, Lapas Bojonegoro meraih peringkat 1 dari 51 satuan kerja (Satker) di lingkungan KPPN Bojonegoro.

Menurutnya di tahun 2022 ini Lapas Bojonegoro berkomitmen untuk meningkatkan kinerja salah satunya adalah pengelolaan dan pelaksanaan anggaran dengan baik.

“Penghargaan yang diraih, merupakan wujud dari kerja sama dan kerja keras, khususnya pengelola keuangan Lapas Bojonegoro, untuk melaksanakan penggunaan anggaran yang sesuai dan tepat sasaran,” ujar Roni pada Kamis (5/12/2022).

Roni menjelaskan IKPA adalah indikator yang penetapannya oleh Kementerian Keuangan selaku untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja kementerian negara/lembaga dari sisi kesesuaian terhadap perencanaan, efektivitas pelaksanaan anggaran, efisiensi pelaksanaan anggaran, dan kepatuhan terhadap regulasi.

Baca juga:
Gedung Baru DPRD Bojonegoro Diminta Jadi Pusat Aspirasi dan Inspirasi Rakyat

Kemudian, aspek pengukuran nilai IKPA terdiri dari kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan anggaran, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dibidang pelaksanaan anggaran, efiktifitas pelaksanaan anggaran dan efisiensi pelaksanaan anggaran.

"Dari pagu anggaran senilai Rp9.723.029.000 sudah terserap 99,70 persen," jelasnya.

Baca juga:
Mayat Wanita Berdaster Pink Ditemukan di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro

Roni juga menambahkan diharapkan dengan diraihnya capaian ini akan memberikan dampak positive terhadap kinerja, sehingga untuk pelaksaan penyerapan anggaran pada tahun berikutnya dapat lebih dimaksimalkan.

"Kedepan dengan hasil capaian ini harapannya agar seluruh jajaran untuk berkinerja lebih baik lagi dan mempertahankan prestasi yang telah diraih saat ini,” pungkasnya.