Pixel Code jatimnow.com

Gaes, Ini Waktu yang Dibutuhkan untuk Merebus Telur

Editor : Rochman Arief
foto: Australian Egg
foto: Australian Egg

jatimnow.com - Di antara Anda banyak yang menyukai telur. Entah itu direbus atau digoreng. Nah, dua metode ini terkadang ada yang cerewet, minta setengah matang atau matang sempurna.

Tidak tertutup kemungkinan pilihan jatuh pada omlet atau dadar telur entah untuk sarapan, makan siang bisa juga untuk pendamping makan malam.

Perlu memerhatikan bila pilihan Anda adalah telur rebus. Telur rebus memiliki manfaat yang baik untuk diet, lantaran bisa membuat perut kenyang cukup lama.

Tapi tidak banyak yang mengetahui berapa lama merebus telur. Sebab selera orang berbeda-beda. Ada yang menyukai telur rebus matang atau setengah matang.

Berikut cara-cara merebus telur sesuai selera, sebagaimana dikutip dari egginfo.

1. Tiga Menit

Direbus tiga menit mendapatkan telur yang lembut. Umumnya, ukuran kematangan telur ini dijadikan pendamping minuman susu, telur, madu, jahe (STMJ). Sebab kuning dan putih telur jauh lebih lembut.

2. Lima Menit

Baca juga:
Rekomendasi Menu Sarapan di Kota Batu, Dijamin Enak dan Kenyang

Rebusan selama lima menit menghasilkan kuning dan putih telur yang lembut. Untuk masyarakat tertentu, ukuran rebusan ini kerap dihidangkan bersama roti, alpukat, kentang rebus, dan sayuran. Umumnya makanan ini untuk sarapan pagi bagi yang menjalani diet.

3. Enam Menit

Hasil dari rebusan ini membuat kuning telur cenderung lembut, sedangkan putihnya sudah matang. Tingkat kematangan ini banyak dihidangkan di sejumlah hotel atau resto untuk pendamping makanan western.

4. Tujuh Menit atau Lebih

Selama merebus telur minimal tujuh menit akan menghasilkan tingkat kematangan yang utuh. Telur yang direbus selama tujuh menit biasanya dihidangkan untuk pendamping soto ayam atau makanan Indonesia lainnya.

Tips lain untuk merebus dengan baik, pastikan telur benar-benar terendam di dalam air. Minimal air lebih tinggi 1 cm dari posisi telur saat direbus.

Oh iya, nutrisi yang terkandung di dalam telur adalah 78 gram kalori, 7,5 kalori, dan lemak 5,4 gram, serta tidak mengandung karobhidrat. Itu sebabnya telur rebus baik untuk diet.