Pixel Code jatimnow.com

Ayo Serbu, Lur..Durian Wonosalam Jombang Memasuki Puncak Panen

Editor : Zaki Zubaidi Reporter : Elok Aprianto
Durian Wonosalam yang rasanya manis legit, pahit. (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)
Durian Wonosalam yang rasanya manis legit, pahit. (Foto-foto: Elok Aprianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sejak bulan Desember tahun 2022 lalu hingga bulan April 2023 ini, buah durian Wonosalam Kabupaten Jombang, tengah memasuki masa puncak panen.

"Musim panen durian, saat ini menjelang puncak. Bulan Desember sampai dengan April biasanya memasuki puncak panen buah durian Wonosalam," ungkap Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Jombang, Moch Rony, Sabtu (14/1/2023).

Ia menjelaskan di Kecamatan Wonosalam terdapat beberapa varietas buah durian. Mulai dari durian lokal, durian Bido Wonosalam, dan juga ada varietas Montong.

"Didominasi varietas lokal, tapi ada varietas yang diminati pecinta durian seperti, Montong, Bido Wonosalam, Pelang. Kemudian yang paling luar biasa ini Musang King ya, ini semua yang banyak diminati dan harganya relatif cukup tinggi," ujarnya.

Baca juga:
Pahit Manis Cita Rasa Khas Durian Wonosalam

Berdasarkan data dari Disperta Kabupaten Jombang, Rony menyebut ada sekitar 147 ribu pohon durian. Dari jumlah tersebut yang produktif saat ini menghasilkan, kurang lebih ada sekitar 65 ribu pohon durian.

"Yang paling diminati ya Durian Bido Wonosalam, tapi yang saat ini paling dicari maniak durian itu yang Musang King, karena bijinya kecil daging buahnya tebal, dan rasanya legit," jelasnya.

Baca juga:
Gasss Lur! Durian Wonosalam Jombang Mulai Panen Lho

Ia menjelaskan pada 5 Maret 2023 Pemerintah Kabupaten Jombang akan memiliki hajat, yakni Kenduren Durian. Kegiatan ini juga melibatkan komunitas dan asosiasi pencinta durian.

"Biasanya kita menyelenggarakan festival atau kontes durian pada bulan Februari, biasanya kami support dan membantu untuk penjurian dan hal-hal lain yang berkaitan dengan lomba durian tersebut," pungkasnya.