Pixel Code jatimnow.com

Mandikan Patung Dewa Jelang Imlek, Umat Tri Dharma Bilang Begini

Editor : Rochman Arief Reporter : Elok Aprianto
Aktivitas memandikan patung dewa yang dilakukan pihak yayasan kelenteng Hong San Kiong. (foto: Elok APrianto/jatimnow.com)
Aktivitas memandikan patung dewa yang dilakukan pihak yayasan kelenteng Hong San Kiong. (foto: Elok APrianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sejumlah patung dewa-dewa di kelenteng Hong San Kiong, di Jalan Raya Wangkal Gudo, Desa/Kecamatan Gudo, Jombang, dimandikan.

Dalam pemandian patung dewa, yang dilakukan umat Tri Dharma di kelenteng yang berdiri sejak awal abad 18 itu, terdapat pemandangan unik.

Ketua Yayasan Kelenteng Hong San Kiong Gudo, Toni Harsono menjelaskan pemandian ini sebagai persiapan perayaan tahun baru Imlek, pekan depan.

"Setiap menjelang Imlek atau satu minggu sebelumnya. Kami meyakini bahwa dewa-dewa itu naik ke langit, ke surga. Itu sebabnya, di kelenteng itu ada kegiatan bersih-bersih," ungkapnya, Senin (16/1/2023)

Ia menjelaskan patung-patung dewa yang dimandikan antara lain, Dewa Kong Co Kong Tik Cun Ong, Dewi Kwan Im, Kwan Kong, patung Hok Tik Cin Sing, dan Sidharta.

Baca juga:
Pecahan Kendi Susu Ditemukan dalam Situs Diduga Peninggalan Majapahit di Jombang

Selain patung, sejumlah peralatan ritual juga dimandikan menggunakan sabun. Demikian juga dengan ruangan dan lantai kelenteng, semua dibersihkan.

"Selain itu, patung-patung ini pembuatannya memakai bahan yang kuno. Jadi, cara membersihkannya harus hati-hati, dan bahan untuk membersihkan juga berbahan halus agar tidak sampai merrusak," bebernya.

Baca juga:
Harga Beras Terus Naik, Ini Langkah Disdagrin Jombang

Ia menyebut, pada tahun baru Imlek nanti, pihaknya berharap agar semua umat Tri Dharma mendapat keberkahan baik, ekonomi hingga kesehatan.

"Harapan kami di tahun yang baru ini, kehidupan menjadi jauh lebih baik. Mulai dari, kesehatan, ekonomi, dan pekerjaan lancar semuanya," pungkasnya.

Pisau Dapur Hilang, Nyawa Istri Melayang
News

Pisau Dapur Hilang, Nyawa Istri Melayang

jatimnow.com - Seorang wanita bernama Parsi (52) ditemukan tewas bersimbah darah di kamar rumah kontrakannya Jalan Simo Gunung Barat Tol Gang 2A,