Pixel Code jatimnow.com

Hore! Jalan Soekarno-Hatta Hingga SLG Kediri Bakal Dipercantik

Editor : Narendra Bakrie Reporter : Yanuar Dedy
Jalan Soekarno-Hatta depan Kantor Bupati Kediri (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)
Jalan Soekarno-Hatta depan Kantor Bupati Kediri (Foto: Humas Pemkab Kediri/jatimnow.com)

jatimnow.com - Bupati Hanindhito Himawan Pramana (Mas Dhito) akan mempecantik dan menata kawasan Jalan Soekarno-Hatta sampai jembatan sekitar Simpang Lima Gumul (SLG) Kabupaten Kediri.

"Jalan Soekarno-Hatta dan Jalan Airlangga itu dari sekian banyak ruas jalan yang ada menjadi wajah Kabupaten Kediri, maka saya harapkan penataan ini bisa mempercantik," ungkap Mas Dhito, Selasa (17/1/2023).

Sesuai rencana, penataan akan dilakukan mulai daerah Tepus atau perbatasan Kota Kediri ke utara sampai bola dunia, belok ke timur menuju Jalan Soekarno-Hatta, Jalan Airlangga hingga jembatan di kawasan SLG. Melewati Kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Kediri.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kediri, Putut Agung Subekti mengatakan, nantinya di jalur itu akan dilakukan perapian pedestrian, penataan vegetasi termasuk pemasangan lampu untuk penerangan sekaligus menambah nilai estetik.

"Lampu temanya hampir sama seperti yang sudah terbangun di Monumen SLG ada unsur motif gringsing dan lidah api," terangnya.

Pemasangan lampu akan dipasang di kedua sisi jalan. Terkait rencana detail penataan itu menurut Putut masih dimatangkan sebelum nantinya mulai dilakukan proses tender.

Baca juga:
Mas Dhito dan Bank Mandiri Taspen Ajak 500 Pensiunan Senam Bareng

"Kalau nanti sudah siap, kami akan paparkan kepada beliau (Mas Dhito) terkait penataan ini," ucapnya.

Kemudian, lanjut Putut, sebelum sampai ke jembatan dekat SLG nantinya akan dibangun taman dengan memanfaatkan bantaran kali.

Taman pinggir kali itu selain menambah keindahan sepanjang jalur yang menjadi wajah Kabupaten Kediri itu sekaligus diharapkan dapat mendukung kawasan PKL yang saat ini telah selesai pembangunannya.

Baca juga:
Mas Dhito Ajak Pengembang Bandara dan Tol Bahas Infrastruktur di Kediri

Juga akan diberi tambahan ornamen dengan tema yang ada seperti di Monumen SLG. Putut pun mengaku bakal menambah spot yang bisa dijadikan tempat foto bagi masyarakat yang datang ke taman.

"Lampu dan bangku kita serasikan dengan yang ada di Monumen SLG, kita usung tema yang sama supaya satu kesatuan," pungkasnya.