Pixel Code jatimnow.com

TRS dan THR Riwayatmu Kini

Kondisi TRS saat diabadikan jatimnow.com pada Selasa (24/1/2023)
Kondisi TRS saat diabadikan jatimnow.com pada Selasa (24/1/2023)

jatimnow.com - Kondisi Taman Remaja Surabaya (TRS) dan Taman Hiburan Rakyat (THR) yang terletak di Jalan Kusuma Bangsa, Kota Pahlawan kini memprihatinkan.

Tidak ada lagi bianglala, wahana berputar, apalagi ketawa riang anak-anak di tempat hiburan rakyat yang tenar tahun 1990-an ini.

Di lahan seluas 5,2 hektar tersebut hanya tampak semak setinggi pundak orang dewasa, aroma sampah, serta pohon setinggi atap rumah.

Nasibnya tidak ada yang bisa menebak. Kedua taman hiburan yang dulu eksis dan banyak orang menyebut sebagai second maskot Kota Surabaya itu, pada 2018 mendadak tenggelam dari permukaan.

Saheri, saksi hidup 'padamnya api' TRS dan THR itu mengatakan, taman hiburan rakyat ini ditutup atau lebih tepatnya disegel Tahun 2018.

"Waktu itu saya kaget, banyak petugas berjubel menyegel tempat taman hiburan KRS ini," ungkap Heri saat ditemui jatimnow.com, Selasa (24/1/2023).

Sambil membenarkan topi yang ia kenakan, pria berumur 48 tahun itu ingat betul sederet pengalaman manis warga Surabaya di TRS-THR.

Orang-orang lama, lanjut Heri, khususnya warga Surabaya seumurannya tidak bisa dikatakan sebagai arek Suroboyo bila belum pernah mampir di tempat ini.

"Puluhan event tahunan digelar di sini. Tersering adalah rombongan sekolah yang bersafari, karnaval yang digirilir sampai wilayah yang ada di Jawa Timur," tuturnya.

Baca juga:
Bila TRS-THR Hidup Lagi, Wali Kota Surabaya Minta Tiketnya Paling Mahal Segini

Heri begitu mengelu-elukan kedua tempat hiburan rakyat tersebut. Tak jarang beberapa kali, ia menambal percakapan dengan kata "sayang mas".

Menurut Heri, semua kenangan tidak bisa ia lupakan begitu saja, sebagai penjual pentol ia rindu lalu lalang kendaraan parkir di ruas jalan.

"Dulu penjual sangat ramai, gang depan Taman Makan Pahlawan penuh. Kagum saya dulu melihat semangatnya pihak pengelola TRS dan THR, karnaval hampir setiap minggu, RRI itu pun juga ikut membuat event rutin di sini," kenang dia.

Heri menyebut, salah satu artis nasional yang pernah konser di TRS adalah Inul Daratista. Selain itu, konsep masuk wahana gratis bagi peraih rangking di Sekolah dinilai sangat bagus saat itu.

Baca juga:
Hore! TRS dan THR Bakal Dihidupkan Lagi Tahun ini Lho Rek

Mengenai wajah taman dengan kondisi begitu liar tidak terawat itu, pria paruh baya itu sangat bersemangat saat menerima kabar bahwa THR dan TRS bakal dihidupkan lagi oleh Pemkot Surabaya Tahun 2023.

"Saat itu kondisinya kosong, semua wahana hiburan diobral ke lokasi hiburan lain. Ya harapannya ini dikelola oleh pemerintah kota (pemkot) serius," ucapnya.

Dia juga berharap agar di THR dihidupkan lagi panggung kesenian teater, ludruk dan sebagainya. Sedangkan untuk TRS, sistem hiburan ramah anak bisa dikelola dengan baik ke depannya.

"Lahan kosong terbenggalai di Kota Surabaya, begini ini kondisinya sangat disayangkan mas," pungkasnya.