Pixel Code jatimnow.com

Cara PAN Tulungagung Gaet Bacaleg: Kalah Diganti, Menang Dibonusi

Editor : Narendra BakrieReporter : Bramanta Pamungkas
Baliho pendaftaran Bacaleg PAN Tulungagung (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
Baliho pendaftaran Bacaleg PAN Tulungagung (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - DPD PAN Kabupaten Tulungagung memiliki cara berbeda untuk menjaring Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Pemilu 2024.

Mereka memastikan bacaleg tersebut tidak akan rugi jika bergabung dengan partainya. Karena jika gagal dalam pemilu, partai akan mengganti suara dengan nominal uang.

Banner Ucapan Ramadan2023 jatimnow

Setiap suara akan diganti senilai Rp50 ribu. Selain itu jika mereka berhasil terpilih pihak partai juga akan memberikan bonus hingga Rp500 juta.

Ketua POK DPD PAN Tulungagung, Edi Purwanto mengatakan, sosialisasi sudah dilakukan dengan memasang banner di sejumlah titik. Dalam banner tersebut, mereka menuliskan bahwa menjadi caleg PAN tidak akan rugi, karena jika kalah akan diganti dan menang akan mendapat bonus.

"Kita bukan tidak memiliki kader, namun ini adalah strategi kita untuk melakukan penjaringan bacaleg secara luas," ujar Edi, Sabtu (11/3/2023).

Menurut Edi, strategi ini merupakan hasil keputusan partai. Jika caleg dari PAN gagal meraih kursi akan mendatkan ganti rugi. Namun mereka minimal harus memperoleh 400 suara.

Baca juga:
Periksa Mamin Takjil, Dinkes Tulungagung Temukan Zat Berbahaya

Setiap suara akan diganti dengan uang tunai sebesar Rp50 ribu. Sedangkan bagi caleg yang sukses secara mandiri meraih kursi akan mendapatkan bonus hingga Rp500 juta.

"Terkait nyaleg di PAN itu tidak rugi, jika tidak bisa dapat kursi maka akan diganti, yang dapat ganti ini caleg yang minimal dapat 400 suara, setiap suaranya akan diganti dengan Rp50 ribu. Kita taulah mereka kan juga sudah keluar uang untuk mendapatkan suara ini," papar Edi.

Melalui strategi ini diharapkan banyak yang tertarik untuk mendaftar sebagai bacaleg di PAN. Strategi ini juga dilakukan sebagai respon atas perubahan dapil pada Pileg 2024. Untuk Tulungagung jumlahnya bertambah menjadi 6 dapil.

Baca juga:
Pesanan Tasbih Biji Genitri di Tulungagung Meningkat, Ini Khasiatnya

Perubahan jumlah dapil tersebut membuat partai, salah satunya PAN harus melakukan terobosan baru untuk mengamankan kursi.

"Kita mentargetkan pemilu tahun depan dapat 8 kursi," pungkasnya.