Kuda Tewaskan Wisatawan di Blitar, Pengamat: Evaluasi Tempat Wisata

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Petugas mengevakuasi korban tewas akibat terseret kuda di Blitar

jatimnow.com - Insiden tewasnya wisatawan akibat terseret kuda di Hutan Pinus Gogoniti di Desa Kemirigede, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, mendapat tanggapan dari pengamat wisata.

Galih Ahmad, Pengamat Pariwisata Blitar mengatakan, insiden yang terjadi Gogoniti merupakan lemahnya pengawasan. Ini karena wisata di Blitar dinilai tidak mengedepankan keselamatan wisatawan.

"Hal ini harus menjadi perhatian baik bagi pengelola maupun pengunjung. Pengelola harus menyiapkan antisipasi sementara pengunjung juga harus mematuhi aturan dari pengelola," kata Galih melalui siaran Radio, Selasa (14/08/2018).

Baca juga: Lepas Kendali, Kuda Wisata di Blitar Seret Penunggang Hingga Tewas

Menurut dia, hampir seluruh tempat wisata yang ada di Kabupaten Blitar belum memiliki petugas keamanan. Pengelola wisata juga harus mengedepankan sisi keamanan dan keselamatan wisatawan. Ini agar kecelakaan hingga timbul korban jiwa bisa dicegah.

Terkait insiden di Gogoniti, Galih menyebut perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut. Termasuk kondisi kesehatan kuda, maupun jaminan keamanan para pengunjung.

Ini berlaku bagi lokasi wisata lain yang ada di Blitar.

"Ini harusnya menjadi bahan evaluasi juga. Jadi setidaknya masing-masing pengelola wisata harus memperhatikan dan menempatkan petugas keamanan," tandasnya.

Reporter: CF Glorian
Editor: Arif Ardianto


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter