Soal Makam Rusak di Malang, Begini Penuturan Kepala Desa

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

Salah Satu makam rusak di malang

jatimnow.com - Kerusakan bangunan makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang mengejutkan banyak pihak termasuk sang kepala desa sendiri.

Menurut Kepala Desa Pait, Sunarto sebelumnya tak pernah ada kejadian yang seperti ini, selama bertahun-tahun ia tinggal sejak kecil di desa tersebut.

"Tidak pernah ada kejadian seperti itu. Sejak mbah buyut itu makam sudah ada. Sudah bertahun-tahun ya baru kali ini seperti itu," ungkap Sunarto saat ditemui di rumahnya, Kamis sore (16/8/2018).

Selama berpuluh-puluh tahun itu pun, makam tersebut tak pernah diberikan pagar untuk akses masuk ke lokasi mengingat di tengah makam ada akses jalan menuju ladang perkebunan milik warga di bawahnya.

"Ya dari dulu puluhan tahun seperti itu. Tidak dikasih pagar dan ditutup karena itu ada jalan menuju kebun warga," lanjutnya.

Menurutnya, makam seluas kurang lebih satu hektar ini hanya dirawat satu juru kunci, dan itupun tugasnya hanya membersihkan makam tidak menjaga.

"Hanya punya juru kunci tidak dijaga. Saya juga tidak menyangka kalau terjadi demikian (perusakan makam)," tambahnya.

Meski mengalami kerusakan di setidaknya 15 bangunan di atas makam, masyarakat Desa Pait dalam keadaan yang kondusif dan tidak terpancing isu apapun.

"Yang ramai itu malah di media sosial setelah viral. Kalau masyarakat sini adem ayem saja," jelas Sunarto.

Warga Desa Pait digegerkan dengan perusakan sejumlah bangunan makam di TPU setempat yang berbatasan antara Dusun Slatri dan Dusun Bonjagong. Akhirnya warga melaporkan ke pihak Polsek Kasembon pada Kamis siang 15 Agustus 2018 pukul 11.30 Wib.

Hingga saat ini pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan kerusakan makam yang masih misterius. Minimnya saksi membuat kepolisian kesulitan mengungkap motif kejadian tersebut.

Reporter : Avirista Midaada
Editor: Arif Ardianto

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter