Pixel Codejatimnow.com

UM Surabaya Jadi Tuan Rumah Rakernas, Bakal Dihadiri Tokoh Nasional

Editor : Arina Pramudita  Reporter : Farizal Tito
Universitas Muhammadiyah Surabaya  (UMS). (Foto: dok UMS/jatimnow.com)
Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS). (Foto: dok UMS/jatimnow.com)

jatimnow.com - Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, 2-4 Mei 2023 mendatang.

Rektor UM Surabaya, Sukadiono menyambut baik kegiatan tersebut. Menurutnya, agenda juga bakal dihadiri tokoh-tokoh nasional.

Diantaranya Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, Plt. Dirjen Dikti Kemendikbudristek RI Prof. Dr. Nizam, Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Semoga semuanya bisa hadir di UM Surabaya dan menjadi keynote speech pada agenda Rakernas mendatang,” ujar Suko, Jum'at (14/4/2023).

Agenda yang berlangsung selama 3 hari akan diikuti ratusan peserta dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) hingga Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah se-Indonesia.

“Semoga penunjukan UM Surabaya sebagai tuan rumah bisa menghasilkan kebijakan dan menjadi forum peneguhan komitmen, sosialisasi kebijakan, baik dari pemerintah maupun Muhammadiyah,” katanya.

Baca juga:
Menparekraf Gandeng UM Surabaya untuk Menumbuhkan Usahawan Milenial Jatim

Kegiatan ini dinilai penting karena akan menjadi sarana silaturahmi, konsolidasi, dan membangun kesepahaman bersama dalam merealisasikan agenda pendidikan tinggi Muhammadiyah lima tahun ke depan.

yaitu mewujudkan pendidikan tinggi Muhammadiyah yang unggul, holistik, dan bertata kelola baik yang responsif terhadap perkembangan zaman.

Dengan mengambil tema 'Mewujudkan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah yang Bertata Kelola Baik, Unggul, dan Holistik untuk Memajukan Indonesia dan Mencerahkan Semesta' kegiatan ini diharapkan mampu menyusun strategi penguatan tata kelola perguruan tinggi yang baik atau good university governance.

Baca juga:
UM Surabaya Kucurkan Bonus untuk Kapten Timnas Indonesia Usai Raih Emas Sea Games 2023

"Menuju Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah unggul sekaligus sharing of idea tentang penguatan networking dan internasionalisasi diantara Pimpinan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah," bebernya.

“Sebagai tuan rumah dan pimpinan unversitas, semoga Rakernas mendatang berjalan dengan lancar sehingga terwujud PTM-PTA yang bertata kelola baik, unggul, dan holistik untuk memajukan Indonesia dan mencerahkan semesta sesuai tema yang telah digagas,” pungkas Sukadiono.