Pixel Codejatimnow.com

Penumpang Kereta Api di Daop 8 Naik 38 Persen, Didominasi 3 Stasiun Besar

Editor : Rochman Arief  
Sejumlah penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Gubeng. (foto: KAI Daop 8 for jatimnow.com)
Sejumlah penumpang menunggu kedatangan kereta api di Stasiun Gubeng. (foto: KAI Daop 8 for jatimnow.com)

jatimnow.com - Lonjakan penumpang kereta api selama 11 hari pada masa angkutan lebaran 2023 melonjak 23 persen. Berdasarkan catatan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi atau KAI Daop 8 jumlah penumpang naik dan turun mencapai 522.451.

Menurut Humas KAI Daop 8, Luqman Arif, jumlah itu terdiri atas 268.413 penumpang yang berangkat dari stasiun di wilayah Daop 8 dan 254.038 penumpang yang turun.

Adapun stasiun di wilayah Daop 8 yang paling banyak melayani penumpang naik dan turun adalah Stasiun Pasarturi, Surabaya Gubeng dan Stasiun Malang.

"Sejak operasional angkutan lebaran pada 14 April lalu, kami sudah melayani total 522.451 penumpang baik turun maupun naik. Untuk hari ini, kami melayani kedatangan penumpang sebanyak 26.914, hingga pukul 11.00 WIB," kata Luqman dalam keterangan tertulisnya, Rabu (26/4/2023).

Luqman menambahkan jumlah penumpang yang turun hari ini didominasi dari Surabaya Gubeng sebanyak 9.316, disusul Pasarturi 7.628, Stasiun Malang 4.401, serta dari stasiun lainnya di wilayah Daop 8.

Adapun penumpang yang naik dari Daop 8 Surabaya tercatat 17.617 penumpang. Jumlah itu terdiri atas Stasiun Surabaya Gubeng 4.594, Pasarturi 4.816, Stasiun Malang 2.616, serta dari stasiun lainnya.

Baca juga:
Libur Sekolah, KAI Daop 9 Jember Operasikan Kereta Api Mutiara Timur

Tingginya animo penumpang ini tidak lepas dari dicabutnya pembatasan kegiatan masyarakat. Selain itu, angkutan kereta api memiliki beberapa keunggulan, seperti ketepatan waktu dan bebas kemacetan. Dampaknya seat load factor kereta api tahun ini naik dibanding tahun lalu.

"Secara umum, jumlah penumpang tahun ini naik 75 ribu atau naik 38 persen selama 11 hari angkutan lebaran, atau sejak H-8 hingga H+3," Luqman menambahkan.

KAI Daop 8 juga menyiagakan petugas selama angkutan lebaran 2023. Salah satunya adalah porter yang bisa membantu calon penumpang dengan barang bawaan menuju kereta.

Baca juga:
PT KAI Daop 7 Madiun Sediakan 11.510 Tempat Duduk untuk Libur Panjang Idul Adha

Petugas porter, lanjut Luqman, tidak hanya mengantarkan barang hingga kursi di dalam KA, namun juga mengetahui informasi yang dibutuhkan penumpang.

"Porter di beberapa stasiun siap membantu para penumpang membawakan barang sampai di dalam kereta. Selain itu, petugas juga siap memberikan informasi jam keberangkatan KA, jalur KA, dan informasi lainnya," terangnya.

Selain porter stasiun, KAI Daop 8 surabaya pada masa angkutan lebaran tahun ini juga menyiagakan beberapa petugas tambahan, mulai dari posko oleh pegawai kantor KAI, Costumer Service Mobile (CSM), relawan Satgas Pramuka, hingga relawan komunitas railfans. Adapun keamanan di sekitar stasiun, KAI Daop 8 dibantu TNI dan Polri, serta petugas dinas perhubungan.