Pixel Codejatimnow.com

12 Komoditas Pangan Sumenep yang Diminati di Malaysia

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Ni'am Kurniawan
Pelepasan ekspor UMKM Sumenep ke Malaysia (Foto-foto: Muhlis for jatimnow.com)
Pelepasan ekspor UMKM Sumenep ke Malaysia (Foto-foto: Muhlis for jatimnow.com)

jatimnow.com - Pemkab Sumenep melakukan test market produk lokal ke Malaysia. Hasilnya, ada 12 komoditas olahan yang diminati, setelah sebelumnya antara Pemkab Sumenep dan Malaysia telah melakukan penandatanganan Letter of Intens (LOI) antara pengelola Mall UMKM dengan Buyer Malaysia.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Perindustrian Perdagangan (Perindag) Kabupaten Sumenep, Chainur Rasyid mengatakan, 12 komoditas itu telah sukses ia kirim kemarin.

Diantaranya adalah tepung maronggi, stik maronggi rasa bawang, stik maronggi rasa original, maronggi celup, jagung palotan, rengginang goreng, amplang stik, sambal lombok hijau, sambal petis, keriping pisang manis dan krispy ikan kering.

"Produk UMKM test market direncakan tahap selanjutnya ke Malaysia dan Singapura, hanya saja jenis produknya berbeda dengan ekspor test market produk perdana ini,” kata Rasyid, Selasa (6/5/2023).

Sementara Bupati Sumenep Ahmad Fauzi mengatakan, pihaknya cukup bangaa karena hasil olahan Sumenep sudah tembus ke pasar luar.

Baca juga:
Sumenep Hadapi Inflasi Positif, Angkanya Naik Diiringi Pertumbuhan Ekonomi

Ia berharap kegiatan ini bisa berlanjut hingga ke negara-negara lain. Untuk menciptakan slogan baru bahwa Sumenep siap naik kelas.

"Manakala, konsumen merasa cocok dengan produk itu, jelas meningkatkan kepercayaan pasar dan memiliki tingkat loyalitas yang tinggi untuk membelinya, sehingga ujung-ujungnya memberikan keuntungan kepada UMKM," kata Fauzi.

Baca juga:
Pemkab Sumenep Siapkan 8 Rute Mudik Gratis, Buruan Daftar!