Pixel Codejatimnow.com

FPTI Surabaya Pertahankan Juara Umum Kejurprov Junior

Editor : Zaki Zubaidi  
FPTI Surabaya. (Foto: Fira for jatimnow.com)
FPTI Surabaya. (Foto: Fira for jatimnow.com)

jatimnow.com - FPTI Surabaya mempertahankan gelar juara umum kejuaraan provinsi (kejurprov) panjat tebing Jawa Timur 2023. Kepastian gelar didapat pada final kategori speed classic yang berlangsung di wall climbing KONI Jatim, pada hari terakhir atau Minggu, (25/6/2023).

Total medali yang dimiliki FPTI Surabaya 13 emas, 13 perak, dan 11 perunggu. Di urutan kedua Gresik mengoleksi 11 emas, lima perak, dan enam perunggu. Sedangkan Kota Probolinggo di urutan ketiga dengan dua emas, empat perak, dan tiga perunggu.

Ketua Umum FPTI Surabaya, M Effendi mengaku gelar ini sesuai dengan target. Namun ia mengaku ada beberapa kategori yang lepas dan direbut daerah lain.

“Ada dua kategori yang lepas dan diambil daerah lain, yakni lead junior putra-putri dan youth C speed classic putra-putri. Tapi secara keseluruhan hasil ini sesuai harapan,” kata Kriwul, sapaan lekatnya.

Effendi mengakui beberapa kelompok umur yang belum bersaing disebabkan ada atlet yang naik kelas.

Sedangkan derah lain ada yang masih utuh. Ia menyebut atlet baru di kelompok umur youth D putra-putri, dan youth B putra-putri.

Baca juga:
Eiger Climbing Series Surabaya Jaring Bibit Atlet Panjat Tebing di Jatim

Sementara persaingan dengan FPTI Gresik, Effendi mengakui cukup ketat. Sebab hingga hari ketiga atau Sabtu (24/6/2023), kedua daerah sama-sama mengoleksi 10 emas.

“Memang benar, hingga hari ketiga kami masih bersaing. Alhamdulillah, kami bisa menambah tiga emas, sementara Gresik menambah satu emas,” lanjut Effendi.

Pelatih FPTI Gresik, Abas mengaku berat bersaing di kategori speed classic dengan Surabaya. Menurutnya, FPTI Surabaya sulit diimbangi untuk kategori speed classic.

Baca juga:
8 Besi Penyangga Dinding Panjat Tebing di Alun-Alun Bangkalan Dicuri

“Kami mengakui, di kategori speed classic belum bisa maksimal. Surabaya cukup kuat, di satu sisi Probolinggo juga menjadi batu sandungan,” ujar Abas.

Kejurprov Junior panjat tebing yang berlangsung 22-25 Juni 2023 melombakan kategori boulder, lead, dan speed classic. Hasil ini dimanfaatkan untuk seleksi menuju kejurnas junior di Jambi bulan depan dan Pekan Pelajar Nasional (Popnas).