Kenalkan Sejarah Tulungagung Melalui Pameran Foto dan Arsip Tempo Dulu

Editor: Erwin Yohanes / Reporter:

Pengunjung pameran di Tulungagung

jatimnow.com - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan sejarah pembangunan sebuah daerah. Seperti yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tulungagung, yang menggelar pameran foto dan arsip tempo dulu.

Ratusan foto dan arsip yang berkaitan dengan sejarah pembangunan Tulungagung, mulai dari zaman Kerajaan hingga sekarang mereka pamerkan.

Kabid kearsipan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tulungagung, Eko Yulianto menerangkan, pameran ini merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan sejarah pembangunan kepada masyarakat luas.

Berbagai foto dan arsip seperti ragam peninggalan Kerajaan Majapahit, surat keterangan zaman Kolonial Belanda, hingga kejadian bencana di Tulungagung mereka pamerkan.

"Masyarakat diharapkan mengenal sejarah Tulungagung lebih dekat ini melalui foto dan arsip yang kami simpan," ujarnya.

Dalam pameran ini mereka juga mempraktekan cara merestorasi sebuah dokumen maupun arsip lama. Kertas dokumen dan arsip lama biasanya mulai rapuh dan gampang rusak setelah disimpan puluhan tahun.

Langkah restorasi ini dilakukan untuk melindungi kondisi kertas dan isi tulisan agar tetap awet dan bisa terbaca.

Dalam proses ini petugas menggunakan kertas dan cairan khusus. Dokumen kemudian mereka lapisi dengan kertas dan cairan tersebut."Dengan cara ini minimal kertas akan lebih awet lagi hingga sepuluh tahun," imbuhnya.

Pameran ini menarik minat sejumlah pelajar. Fikri Azhari, salah seorang pelajar mengaku tertarik mengetahui sejarah Tulungagung, melalui foto dan dokumen.

Sebagai warga asli Tulungagung, Fikri mengaku tidak banyak mengetahui sejarah pembangunan dari masa ke masa. "Banyak pengetahuan yang bisa didapat dari melihat pameran ini," ungkapnya.

Reporter: Wanda R Putri
Editor: Erwin Yohanes


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter