Acara 'Aussie Banget Corner' di Unair Batal, Ini Kronologinya

Editor: Narendra Bakrie / Reporter:

Kampus Unair

jatimnow.com - Acara 'Aussie Banget Corner' yang sedianya digelar di Perpustakaan Unair, Kamis (23/8/2018) pukul 16.00 Wib, dinyatakan batal.

Sebab, pihak Konsulat Australia di Surabaya menyatakan tidak hadir, menyusul adanya informasi serangan teroris pada acara tersebut.

Suko Widodo, Kepala Pusat Informasi dan Humas Universitas Airlangga (Unair) akhirnya membeberkan kronologi batalnya acara tersebut.

1). Bahwa pada (23/8/2018) pukul 16.00 Wib, direncanakan akan dibuka acara Aussie Banget Corner di Gedung Perpustakaan Unair. Panitia telah menyiapkan segala sesuatunya untuk acara tersebut.

2). Sekitar pukul 8.45 Wib, Unair menerima informasi (semacam rillis) dari media Australia tentang peringatan keamanan atau security warning yang bersumber dari Public Affairs Canberra.

3). Salah satu pesan yang tercantum adalah bahwa pihak Konsulat Australia di Surabaya tidak akan hadir dalam acara Aussie Banget Corner.

4). Unair akhirnya mengontak Staf Konjen (Mr Paul) melalui sambungan telepon dan menanyakan perihal pembatalan hadir. Yang bersangkutan menjawab bahwa informasi larangan beraktivitas di luar itu, berasal dari Canberra.

5). Unair telah menyampaikan “keberatan” mendalam atas pembatalan tersebut, karena menurut Unair, situasi dan kondisi kampus dan juga Kota Surabaya sangat aman.

6). Karena pihak Konjen Australia juga keberatan hadir karena informasi dari Canberra tersebut, akhirnya acara Aussie Banget Corner ditiadakan.

7). Pada sore hari sekitar pukul 16.00 Wib, Unair memperoleh berita tentang indikasi adanya bom dari Kedutaan Amerika (USA). Mereka berpendapat ada indikasi ancaman bom. Tetapi tidak jelas lokasinya.

8). Atas semua informasi simpang siur tersebut, Unair telah berkoordinasi dengan pihak aparat kepolisian. Uniar juga memantau perkembangan informasi dan Unair meyakini bahwa sesungguhnya tidak ada sesuatu yang dikhawatirkan atas kondisi keamanan di wilayah kami.

Menanggapi itu, Suko Widodo mengatakan bahwa informasi (penyerangan oleh teroris) itu tidak benar.

"Maka kami mempersilakan para pihak untuk menanyakannya kepada mereka," sebutnya, Kamis (23/8/2018) malam kepada jatimnow.com.

Baca juga: Diterpa Info Serangan Teroris, Acara Aussi Banget Corner Dibatalkan

Suko menegaskan bahwa situasi dan kondisi Surabaya saat ini sangat aman. Situasi di kampus (Unair) juga berjalan seperti biasanya. Perkuliahan dan aktivitas lainnya di kampus berlangsung lancar.

Reporter: Narendra Bakrie
Editor: Erwin Yohanes

 

 

Loading...

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter