Pixel Codejatimnow.com

Dana Banpol di Tulungagung Naik Tahun Depan

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Bramanta Pamungkas
Kepala Bakesbangpol Tulungagung Bambang Triono. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)
Kepala Bakesbangpol Tulungagung Bambang Triono. (Foto: Bramanta Pamungkas/jatimnow.com)

jatimnow.com - Besaran dana bantuan partai politik (Banpol) di Kabupaten Tulungagung dipastikan bertambah nilainya tahun depan.

Besaran dana ini disesuaikan dengan hasil Pemilu 2019 lalu. Saat ini tiap suara milik partai politik dihargai Rp3 ribu. Mulai tahun depan mengalami perubahan Rp7 ribu per suara.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Tulungagung, Bambang Triono mengatakan, proses pencairan dana Banpol untuk tahun ini masuk dalam tahap verifikasi berkas.

Tim verifikasi terdiri dari Bakesbangpol, KPU Tulungagung, BPKAD dan Inspektorat. Jika tahap tersebut sudah selesai, maka dana Banpol bisa turun bulan ini.

"Setelah verifikasi parpol tinggal melengkapi persyaratan administrasi, untuk dilakukan pencairan," ujarnya, Jumat (14/7/2023).

Baca juga:
4 Program Kerja Ini akan jadi Fokus Pj Bupati Tulungagung

Berdasarkan perolehan suara pada Pemilu Legislatif Tulungagung 2019, total suara yang sah mencapai 614.484 suara. Sedangkan untuk satu suara sah, saat ini memiliki harga Rp3 ribu. Dengan perhitungan tersebut maka total dana Banpol yang akan cair tahun ini sebesar Rp1,8 miliar. Sedangkan untuk tahun depan perhitungan dana Banpol mengalami perubahan.

Sebenarnya pada 2023 pihak Bakesbangpol telah mengusulkan kepada Tim Verifikasi Pemorov Jatim untuk menaikan dana Banpol. Akan tetapi, dari Tim Verifikasi Pemprov Jatim memberikan rekomendasi untuk menaikan dana banpol pada 2024 mendatang. Dengan perhitungan ini maka dana Banpol yang akan cair tahun depan sebesar Rp4,3 miliar.

"Kemarin kami usulkan dana Banpol naik, dari Rp3.000 menjadi Rp7.000 per suara. Tapi dari provinsi meminta agar kenaikan banpol dilakukan tahun depan," paparnya.

Baca juga:
Serangan Tawon Vespa Melonjak di Tulungagung, Waspada Lur!

Saat disinggung bertambahnya dana Banpol apakah tidak menjadi beban bagi APBD Tulungagung, Bambang mengku bahwa dari hasil rapat yang dilakukan, APBD masih mampu untuk memberikan tambahan dana banpol pada tahun depan. Mengingat beberapa anggaran program utama seperti, infrastruktur, kesehatan dan pendidikan juga sudah terpenuhi.

"Dana Banpol ini diberikan kepada parpol untuk kegiatan pembinaan kader atau kegiatan kepartaian. Selama ini, dari laporan pertanggungjawaban penggunaan Banpol semua diterima," pungkasnya.

Foto: Momen Kadindik Jatim Resmikan Inovasi Smansa Gresik
Wiyata

Foto: Momen Kadindik Jatim Resmikan Inovasi Smansa Gresik

Kadindik meresmikan beberapa inovasi terbaru Smansa Gresik di antaranya launching antologi buku, grup orchestra, air mineral Smansagres, mini market KTH Mart, serta stan tunjuk karya projek sekolah penggerak Smansa Gresik.