Pixel Code jatimnow.com

Rumah Sakit dr Harjono 'Keluhkan' Tunggakan Klaim Pembayaran BPJS

Suasana RSUD dr Harjono
Suasana RSUD dr Harjono

jatimnow.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan rupanya sering menunggak klaim pembayaran ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Harjono.

Meski tak mengganggu jalannya pelayanan rumah sakit, namun hal ini tetap saja 'dikeluhkan'.

"Untuk tahun ini saja, BPJS Kesehatan menunggak selama 2-3 bulan," terang Direktur RSUD dr Harjono, dr Made Jaren, Jumat (24/8/2018).

Menurutnya, itu sudah relatif lancar dibanding tahun sebelumnya, dimana tagihan tahun 2017 baru dibayarkan oleh BPJS di tahun 2018.

"Kalau tahun ini terlambat hanya 2-3 bulan. Tahun sebelumnya hampir 1 tahun tunggakannya," bebernya.

Berapa angka tunggakan BPJS? dr Made tidak mau menyebutkan secara pasti. Ia hanya menyebutkan angka kisarannya, yakni lebih dari Rp 1 Milyar.

"Angkanya tidak sekedar juta, ratusan juta. Namun lebih dari Rp 1 M. Tetapi saya tidak mau menyebutkan secara pasti," tambahnya.

Baca juga:
Gelandangan Meninggal di RSUD Harjono Sudah Dimakamkan

Made menjelaskan, tunggakan atau keterlambatan pada tahun ini, yakni untuk klaim rawat jalan, rawat inap dan obat-obatan.

"Ya kalau bisa sih jangan ada keterlambatan. Apalagi pasien di RSUD dr Harjono hampir 85 persen adalah pasien yang menggunakan BPJS," urainya.

Ia mengaku, walaupun demikian pihaknya menjamin tidak ada bedanya pelayanan. "Ya kalau RSUD dr Harjono dananya masih save tanpa perlu ada dana talangan," pungkasnya.

Baca juga:
Gelandangan Meninggal di RSUD Harjono, Ini Jawaban Dinsos Ponorogo

Reporter: Mita Kusuma
Editor: Erwin Yohanes