Sedekah Bumi di Probolinggo, Ritual Tumpeng di Tempat Keramat

Proses ritual doa di tempat yang disakralkan

jatimnow.com - Ribuan warga Desa Sumberbulu, Kecamatan Tegalsiwalan, Kabupaten Probolinggo menggelar ritual sedekah bumi, pada Selasa (28/8/2018) sore.

Sebelum sedekah ritual digelar, warga melakukan pawai keliling desa setempat dengan membawa beberapa sesajen dari hasil pertanian desanya serta nasi tumpeng  yang dihiasi dengan berbagai pernak pernik.


"Kami melakukan kegiatan ini sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas segala rejeki yang sudah diberikan selama ini," kata Budiono salah satu warga desa setempat.

Selepas itu sesajen dari hasil bumi warga, langsung di bawa ke sebuah tempat yang disakralkan di dusun setempat untuk didoakan.

Supmawati, Kepala Desa Sumberbulu mengatakan, upaya sedekah bumi ini digelar sebagai wujud syukur  aserta di berikan kelancaran rejeki atas segala hasil pertanian yang ada selama ini.

"Sehingga masyarakat di desa bisa lebih makmur. Apalagi pertanian merupakan mayoritas mata pencaharian pendukung sini," jelasnya kepada sejumlah wartawan.

Selepas sesajen dibacakan doa oleh tokoh desa, warga berdatangan dan berebut mengambil dan memakanya. Karena warga meyakini buah dan nasi tumpeng yang sudah di ritual'i bisa membawa berkah dalam kehidupannya.

"Kegiatan ini memang rutin digelar agar  masyarakat bisa mendapatkan berkah serta dijauhkan dari marabahaya," pungkasnya.

Reporter: Mahfud Hidayatullah
Editor: Arif Ardianto

Berita Terkait