jatimnow.com

Ditangkap di Surabaya, Pengedar Ganja Lamongan Hendak Barter Pil Koplo

Dua tersangka saat di Mapolsek Wonocolo 🔍
Dua tersangka saat di Mapolsek Wonocolo

jatimnow.com - Setelah berhasil menangkap 6 pemuda asal Lamongan yang masuk dalam jaringan pengedar ganja. Unit Reskrim Polsek Wonocolo, Surabaya menemukan fakta mengejutkan dari 2 tersangka yang ditangkap lebih dulu di Surabaya.

Dua tersangka yang ditangkap lebih dulu tersebut yaitu Faroid alias Bendol (20) warga Dusun Beton, Desa Tritunggal, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan dan Amar Maruf Wahyudi (21) warga Desa Sungelebak, Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan.

"Keduanya kami sergap di Jalam Raya Menanggal, Surabaya dekat kantor Bank BNI saat hendak bertransaksi," tutur Kanit Reskrim Polsek Wonocolo, Ipda Mujiani, Kamis (30/8/2018).

Penangkapan itu dilakukan Selasa (21/8/2018) sekitar pukul 23.30 Wib. Bersama kedua tersangka disita ganja kering siap edar seberat 2,68 gram yang dibungkus dengan koran bekas.

"Setelah kami interogasi, terungkap mengapa mereka datang ke Surabaya," beber Muji.

Fakta yang terungkap yaitu, keduanya ke Surabaya ternyata hendak menemui seseorang dengan maksud untuk barter (tukar barang dengan barang). Ganja yang mereka bawa ternyata hendak ditukar dengan pil double L atau pil koplo.

Ganja seberat 2,68 gram yang mereka bawa dari Lamongan, akan ditukar dengan dua box pil koplo yang berisi 200 butir.

"Mereka barter ganja dengan pil koplo bukan pertama kali ini saja. Tapi kami menduga sudah lebih dari 5 kali," beber Muji.

Dari pengakuan kedua tersangka, pertama mereka melakukan barter di seputar Mal Cito. Dimana ganja seberat itu ditukar dengan 1 box pil koplo (100 butir). Yang kedua, mereka barter lagi di Jalan A Yani Surabaya dengan jumlah barter yang sama.

"Nah untuk yang ketiga, berhasil kami gagalkan," tegas Muji.

Setelah menangkap keduanya, Muji dan timnya akhirnya berhasil menangkap 4 pemuda lagi di Lamongan. Keenam pemuda yang saat ini mendekam di sel tahanan Polsek Wonocolo Surabaya tersebut, merupakan satu jaringan pengedar ganja yang selama ini beroperasi di Lamongan.

"Kami juga tengah memburu pengedar pil koplo yang biasa melakukan barter dengan tersangka," tandas Muji.

Reporter : Narendra Bakrie
Editor: Arif Ardianto