Pixel Codejatimnow.com

Kakanwil Kemenkumham Jatim Ingatkan Notaris Tingkatkan Integritas Kerja

Editor : Zaki Zubaidi  
Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono. (Foto: Humas Kemenkumham Jatim)
Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono. (Foto: Humas Kemenkumham Jatim)

jatimnow.com - Pengda Surabaya Ikatan Notaris Indonesia (INI) bekerja sama dengan Kanwil Kemenkumham Jatim menggelar kunjungan daerah di Dyandra Convention Center Surabaya, Senin (23/10/2023)

Hadir membuka acara Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono didampingi Kadiv Yankumham Nur Ichwan beserta jajaran Pengurus Wilayah Jatim INI.

Dalam sambutannya, Kakanwil mengingatkan bahwa notaris adalah gate keeper dalam lalu lintas keperdataan di tengah masyarakat.

"Notaris yang berkualitas akan menjamin terwujudnya kepastian, ketertiban, dan perlindungan hukum bagi pihak yang berkepentingan," kata Heni Yuwono.

Untuk membangun notaris yang berintegritas, lanjutnya, diperlukan effort yang cukup besar serta perlu upaya masif. Sehingga Kanwil Kemenkumham Jatim, Majelis Pengawas Notaris, Dewan Kehormatan Notaris dan Jajaran Pengurus INI, perlu sinergi yang efektif.

Baca juga:
Kemenkumham Jatim Tegaskan Komitmen Berantas Pungli dan Gratifikasi

"Kita jalin kebersamaan, kita jalin persatuan dan kerukunan, kita hindari hal-hal yang sekiranya dapat menghalangi keharmonisan yang telah terjaga selama ini," ujarnya.

Kakanwil juga mengapresiasi kegiatan yang digelar hari ini, mengingat beberapa waktu lalu Majelis Pengawas Pusat Notaris Republik Indonesia mengeluarkan beberapa putusan sanksi terhadap beberapa notaris di Indonesia yang melakukan pelanggaran dalam pelaksanaan jabatan.

Baca juga:
Napi Teroris di Lapas Kediri jadi Guru Ngaji

Menutup sambutan, Kakanwil mengingatkan di tengah konstelasi politik akhir-akhir ini agak menghangat, maka notaris harus tetap menjaga marwahnya sebagai profesi yang luhur (officium nobile).

"Jangan mudah terpancing sehingga mengorbankan kehormatannya," tegasnya.