Pixel Codejatimnow.com

Parpol Ponorogo Serahkan Rekening Khusus Dana Kampanye, Semua Peserta Pemilu Terpenuhi

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Ahmad Fauzani
Komisioner KPU Ponorogo, Arwan Hamidi (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)
Komisioner KPU Ponorogo, Arwan Hamidi (Ahmad Fauzani/jatimnow.com)

jatimnow.com - Sebanyak 18 partai politik (parpol) di Ponorogo telah menyerahkan Rekening Khusus Dana Kampanye (RKDK) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ponorogo. Dengan demikian, tidak ada partai yang akan dijatuhi sanksi atau dibatalkan sebagai peserta pemilu.

"Per hari ini sudah menyerahkan semua RKDK ke kami," ujar Komisioner KPU Ponorogo, Arwan Hamidi, Senin (27/11/2023),

Arwan Hamidi menjelaskan bahwa fokus utama adalah penggunaan nama rekening RKDK yang sesuai dengan aturan. Meskipun saldo awal tidak diatur nol rupiah, namun yang terpenting adalah kejelasan nama rekening RKDK yang digunakan oleh masing-masing partai politik.

"Dana kampanye harus muncul nama rekening dana kampanye atau RKDK partai. Tidak semua harus nol rupiah," kata Arwan Hamidi.

Baca juga:
4 Keluarga Anggota KPPS Meninggal di Lamongan Terima Santunan dari KPU

Ia menambahkan bahwa mengenai saldo awal, itu kembali kepada aturan yang berlaku di masing-masing bank di mana RKDK dibuka. Setiap partai politik juga diwajibkan menyampaikan laporan dana kampanye awal paling lambat pada 10 Januari mendatang.

"Nominal awal tidak diatur, terserah bank sama partai. Setelah ini, pelaporan dana kampanye awal disampaikan paling lambat pada 10 Januari," terangnya.

Baca juga:
Rekapitulasi Pemilu 2024 di Ponorogo Rampung, Ini Hasilnya

RKDK diwajibkan sebagai langkah transparansi dalam penggunaan dan penerimaan sumbangan uang untuk kampanye. KPU Ponorogo akan memberikan akses kepada Badan Pengawas Pemilu untuk memantau laporan dana kampanye partai politik.

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan
Ekonomi

Aston Gresik Hadirkan Tema 1001 Nights of Ramadan

"Anda dapat menikmati buka puasa bersama keluarga mulai dari Rp 100.000 nett/orang di Nira Restaurant," kata Chef Executive ASTON Gresik Hotel & Conference Center, Petrus Nyo.