Jika Terpilih Jadi Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin Akan Tetap Sarungan

Editor: Arif Ardianto / Reporter:

KH Makruf Amin saat berdialog dengan santri di Ponpes Lirboyo.

jatimnow.com - Gaya busana yang khas santri akan tetap dipertahankan oleh KH Ma’ruf Amin jika terpilih menjadi Wakil Presiden RI dalam Pilpres 2019 mendatang.

Hal ini disampaikan langsung dihadapan ratusan santri Pondok Pesantren Lirboyo, Kota Kediri, saat bersilaturahmi dengan sejumlah pengasuh pondok pesantren, Senin (9/3/2018).

Selama ini, gaya busana yang selalu dikenakan oleh KH Ma’ruf Amin identik dengan dunia santri dan pesantren, yaitu sarungan. Hal ini dikarenakan Rois Amm Syuriah PBNU ini dekat dengan pesantren dan dulunya juga merupakan santri.

Bahkan, KH Ma’ruf Amin ini sering terlihat mengenakan sarung dan sandal saat menghadiri sejumlah acara kenegaraan.

Baca juga: Minta Restu, Cawapres KH Ma'ruf Amin Gelar Safari ke Pondok Pesantren

Ketua MUI ini mengaku sudah berkonsultasi dengan sejumlah pihak terkait busana ini. "Hasilnya, tidak ada yang melarang dan saya akan tetap mengenakan sarung walau terpilih menjadi Wakil Presiden RI," ujarnya dihadapan para santri.

Selain itu, jika ia terpilih juga akan membawa nilai-nilai pesantren ke dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Lebih rinci, KH Ma’ruf Amin mencontohkan adanya perintah pengentasan kemiskinan dalam sebuah kitab klasik.

"Dalam kitab tersebut, mengentaskan kemiskinan hukumnya fardu kifayah," imbuhnya.

Baca juga: Pengasuh Ponpes Lirboyo Dukung Cawapres Ma’ruf Amin Dampingi Jokowi

KH Ma’ruf Amin juga memotivasi kepada para santri yang hadir untuk bisa bersaing dan tidak minder. Meskipun, beberapa santri sudah berhasil membuktikan kesuksesannya itu.

"Gus Dur itu juga dari kaum santri dan bisa menjadi Presiden," pungkasnya.

Reporter : Wanda R Putri
Editor: Arif Ardianto

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter