Pixel Codejatimnow.com

9 Kantor Imigrasi di Jatim Gelar Pelayanan Paspor Akhir Pekan

Editor : Zaki Zubaidi  
Foto: Humas Kemenkumham Jatim
Foto: Humas Kemenkumham Jatim

jatimnow.com - Memperingati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-74 yang mengusung tagline "Imigrasi Melayani", 9 Kantor Imigrasi jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim menyelenggarakan layanan paspor di akhir pekan (Simpatik) bagi pemohon Paspor RI.

Layanan ini tersedia pada hari Sabtu dengan metode walk-in.

Untuk memastikan pelayanan berjalan lancar, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim, Herdaus bersama dengan pejabat struktural meninjau dua titik pelayanan.

Pertama di Unit Layanan Paspor Pasar Atom Mall yang menjadi wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I Tanjung Perak. Kedua di Ruang Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Surabaya di Juanda, Sidoarjo.

Herdaus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelayanan Paspor Simpatik.

"Kami ingin memastikan bahwa proses pelayanan berlangsung dengan lancar dan efisien," ujarnya, Sabtu (13/1/2024).

Di Kantor Imigrasi Surabaya, kegiatan Paspor Simpatik diadakan di kantor imigrasi dengan menetapkan kuota walk-in sebanyak 100 pemohon. Sementara itu, di Kantor Imigrasi Tanjung Perak, kegiatan dilaksanakan di Pasar Atom Mall dengan menetapkan kuota sebanyak 74 pemohon.

Baca juga:
3 Warga Binaan Kasus Terorisme Ucapkan Ikrar Setia NKRI di Lapas Kelas I Madiun

Menariknya, kegiatan Paspor Simpatik ini juga dimeriahkan dengan doorprize. Beberapa pemohon beruntung bahkan berkesempatan mendapatkan paspor gratis.

"Kegiatan ini untuk memeriahkan Hari Bhakti Imigrasi, jadi dapat diomanfaatkan masyarakat yang kesulitan menjangkau pelayanan paspor di hari kerja," ujar Herdaus.

Mantan Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sumsel itu mengatakan antusiasme masyarakat Jatim sangat tinggi. Mengingat kuota yang disediakan untuk pelayanan paspor simpatik di akhir pekan selalu ludes.

"Masyarakat Jawa Timur memang sangat antusias sekali dalam pelayanan paspor, tahun lalu saja kami telah menerbitkan lebih dari setengah juta paspor selama setahun," terang Herdaus.

Baca juga:
Warga Binaan Lapas Surabaya Dilatih Budidaya Alpukat Aligator

Kegiatan ini sudah dilaksanakan pada tanggal 6, dan13 Januari 2024. Dan masih akan ada pada 20 Januari di seluruh kantor imigrasi di Jawa Timur dengan kuota yang ditentukan oleh masing-masing kantor.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan pelayanan paspor dapat semakin meningkat dan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan.

 

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan
Peristiwa

KPK Jebloskan Kepala BPPD Sidoarjo ke Tahanan

"KPK menetapkan dan mengumukan satu orang pihak yang dapat diminta pertanggungjawaban secara hukum dengan status tersangka AS, Kepala BPPD Sidoarjo," kata Ali .