Pixel Codejatimnow.com

9 Duta Integritas di Kemenkumham Jatim Diharapkan jadi Role Model Cegah Korupsi

Editor : Endang Pergiwati  
(Humas Kemenkumham Jatim)
(Humas Kemenkumham Jatim)

jatimnow.com - Sebanyak 9 Duta Integritas di Kanwil Kemenkumham Jatim dikukuhkan oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham RI, Razilu, hari ini, Senin (19/2/2024). Duta Integritas ini bertugas menjadi role model bagi rekan-rekannya untuk mencegah bibit korupsi berkembang sejak dini.

"Duta Integritas bukan hanya seremonial belaka, namun juga harus bekerja dengan program kerja atau rencana aksi yang spesifik, terukur, logis, dan memiliki periode waktu yang jelas," ujar Razilu.

Pengukuhan Duta Integritas, lanjut Razilu, merupakan bentuk apresiasi Kemenkumham kepada pihak-pihak yang aktif menjaga nilai-nilai integritas dalam menjalankan tugasnya.

"Duta Integritas juga harus memimpin dan memberikan arah kebijakan pada jajarannya di unit kerjanya sesuai dengan kriteria Duta Integritas," terangnya.

Razilu berharap, semoga adanya duta-duta integritas ini dapat mewujudkan kemanfaatan bagi individu dan organisasi untuk Kemenkumham yang lebih baik. Serta diharapkan seluruh insan penganyoman dapat menginternalisasi dan mengaktualisasikan nilai-nilai integritas untuk dapat diaplikasikan pada pelaksanaan tugas sehari-hari.

"Perlu diingat bahwa kehebatan seseorang tidak dinilai dari jumlah kekayaan yang dia peroleh, akan tetapi dinilai dari integritas dan kemampuannya untuk mempengaruhi sekitarnya secara positif," pesan Razilu.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkumham Jatim Heni Yuwono mengatakan, momen ini menjadi tonggak awal bagi pihaknya untuk berkinerja semakin baik lagi dengan berlandaskan nilai-nilai integritas.

Baca juga:
Kemenkumham Jatim Lanjutkan Program Patent One Stop Service

"Kami sadar bahwa integritas layaknya kondisi keimanan yang sifatnya fluktuatif," ujar Heni.

Ada saatnya, lanjut Heni, integritas seseorang berada pada posisi tertinggi. terkadang pula di titik tengah. Bahkan sampai juga pada fase terendah.

"Untuk itu, perlu terus diperkuat dan diperbarui, salah satunya melalaui pengukuhan duta integritas yang diharapkan bisa menjadi booster bagi kami untuk terus meningkatkan integritas dan nilai-nilai organisasi," harapnya.

Duta Integritas di lingkungan Kemenkumham ditetapkan berdasarkan Keputusan Menkumham Nomor M.HH-14.OT.03.02 Tahun 2023. Secara nasional, ada 295 Duta Integritas.

Baca juga:
Buka Masa Orientasi CPNS 2024, Kakanwil Harap Terbentuk Karakter PASTI BerAKHLAK

"Alhamdulillah, di lingkungan Kanwil Kemenkumham Jatim dapat menyumbangkan 9 wakil yang diharapkan mampu menjadi contoh atau role model bagi lebih dari 5.000 pegawai jajaran kami," tutup Heni.

9 Duta Integritas yang dikukuhkan hari ini di antaranya adalah 4 pimpinan tinggi pratama yaitu Kakanwil Kemenkumham Jatim, Heni Yuwono, Kadiv Keimigrasian, Herdaus, Kadiv Pemasyarakatan, Asep Sutandar dan Kepala Kantor Imigrasi Surabaya, Chicco Ahmad Muttaqin.

Selain itu, ada pula 5 kepala unit pelaksana teknis di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim, yaitu Endang Purwanti (Karupbasan Surabaya), Yuyun Nurliana (Kabapas Kediri), Ardian Nova Christiawan (Kalapas Pemuda Madiun), Andro Eka Putra (Kakanim Madiun) dan Eries Sugianto (Karutan Magetan).