Pixel Codejatimnow.com

Napiter di Lapas Tulungagung Bebas Murni

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Bramanta Pamungkas
WD saat bebas dari Lapas Tulungagung. (Dok Lapas Tulungagung for jatimnow.com)
WD saat bebas dari Lapas Tulungagung. (Dok Lapas Tulungagung for jatimnow.com)

jatimnow.com - Seorang narapidana kasus terorisme di Lapas Klas IIB Tulungagung, resmi bebas. Narapidana berinisial WD ini bebas murni setelah menjalani hukuman pidana selama 3 bulan.

Narapidana tersebut juga sudah menjalani program deradikalisasi dan mengucapkan ikrar setia NKRI pada bulan Februari lalu.

Kepala Lapas Kelas IIB Tulungagung, Budiman P Kusumah mengatakan, narapidana ini bebas kemarin. WD bebas secara murni setelah menjalani pidana selama 3 tahun.

Sebelumnya, WD merupakan warga binaan di Rutan Klas 1 Depok dan dipindahkan ke Lapas Tulungagung pada bulan Desember lalu.

"Statusnya disini pindahan dari Rutan Klas 1 Depok, yang bersangkutan dipindahkan ke sini bulan Desember 2023," ujarnya, Rabu (20/3/2024).

WD diketahui merupakan anggota jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Dia ditangkap di Makasar, Sulawesi Selatan. Hakim menjatuhkan vonis selama 3 tahun.

Baca juga:
2 Warga Binaan Lapas Probolinggo Ikrar Tinggalkan Radikalisme-Ekstrimisme

Selama menjalani masa pidana di Lapas Tulungagung, WD tidak pernah melakukan pelanggaran ataupun membuat keributan sehingga mendapatkan remisi susulan sebanyak 3 bulan.

Selain itu, WD juga kooperatif jika dimintai informasi oleh pihak Lapas.

"Selama menjalani masa pidana di Lapas Tulungagung WD aktif mengikuti kegiatan pembinaan dan kepribadian serta deradikalisasi di Lapas Tulungagung," tuturnya.

Baca juga:
3 Napiter Jaringan JAD dan JI di Lapas Kediri Cium Bendera Merah Putih

Pihak Lapas sendiri telah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum diantaranya Densus 88, BIN, BNPT, Polres Tulungagung dan Kodim 0807 Tulungagung terkait kebebasan WD.

Setelah bebasnya WD dari Lapas, Budiman berharap yang bersangkutan tidak lagi mengulangi perbuatan yang melanggar hukum serta semoga yang bersangkutan dapat kembali bersosialisasi ditengah-tengah masyarakat.

"Semoga WD dapat bersosialisasi dengan baik di tengah masyarakat," pungkasnya.