Ini Program Pertama Risma Setelah Jadi Presiden UCLG ASPAC

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Wali Kota Risma berfoto bersama setelah resmi jadi Presiden UCLG Aspac

jatimnow.com — Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini resmi menjabat sebagai Presiden United Cities and Local Goverment (UCLG) Asia Pasific (Aspac) periode 2018-2020.

Lantas, apa program pertama Wali Kota Risma saat memimpin ratusan pemerintah daerah dan pemerintah kota dari negara se-Asia Pasifik itu?

Saat ditemui disela-sela perhelatan Kongres ke-7 UCLG Aspac 2018 di Dyandra Convention Hall, Surabaya, Jumat (14/9/2018), Wali Kota perempuan pertama di Surabaya itu, mengaku pihaknya akan menggelar rapat perdana di Korea Utara sekitar Bulan Oktober mendatang.

Menurutnya, rapat perdana tersebut bertujuan untuk merumuskan kendala dan mencarikan solusi yang realistis untuk ditularkan kepada wali kota maupun kepala daerah yang tergabung di UCLG Aspac.

"Ini kan sisa waktu saya menjadi wali kota cuma dua setengah tahun, jadi saya ingin membantu daerah-daerah lain yang membutuhkan. Nantinya terlebih dahulu fokus utamanya pada program-program Sustainable Development Goals (SDGs)," kata Wali Kota Risma.

Baca juga: Aklamasi! Risma Presiden UCLG ASPAC Periode 2018-2020

Ia mengaku jika membangun Kota Surabaya itu membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga dari 20 program FGDs yang telah diterapkan di Surabaya, nantinya akan dipilih beberapa program yang sangat diprioritaskan.

"Tentunya program-program itu banyak ya, dan tentu membutuhkan waktu yang lama. Di Surabaya saja, saya selama 8 tahun ini baru bisa. Jadi, nantinya akan dipilih dahulu mana yang sekiranya bisa dan lebih diprioritaskan," terangnya.

Beberapa program yang akan menjadi fokus Wali Kota Risma diantaranya adalah terkait anak-anak dan dunia pendidikan.

"Selain itu juga ada kemiskinan, good government, serta global warming. Ya bagaimana pengalaman saya di Surabaya ini bisa menjadi berguna bagi komunitas global," terang Risma.

 

 

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter