Pixel Codejatimnow.com

Kuliner Khas Pamekasan, Rujak Kelang Disajikan dengan Ikan Merah

Editor : Endang Pergiwati  Reporter : Fathor Rahman
Rujak kelang. (Foto: fathor Rahman/jatimnow.com)
Rujak kelang. (Foto: fathor Rahman/jatimnow.com)

jatimnow.com - Pamekasan memiliki banyak kuliner khas. Salah satunya, rujak kelang yang disajikan dengan ikan merah kukus secara utuh.

Salah satu kedai rujak kelang yang terkenal di Pamekasan, yakni terletak di Desa Branta Pesisir Kecamatan Tlanakan, Pamekasan. Tak hanya masyarakat lokal, beberapa bule juga sempat menikmati rujak asli Pamekasan tersebut.

Pemilik kedai rujak kelang, Fatayah mengatakan, hidangan di tempatnya banyak diminati pembeli. Sebab, ia menggunakan petis khusus sehingga rasanya lebih enak.

"Di sini kami menggunakan petis khusus jadi rasanya lebih gurih dan nikmat, " ujarnya, Minggu (26/5/2024).

Baca juga:
Ayam Ukep Gepuk Sambal Ijo Banyuwangi di Tulangan Sidoarjo, Pedasnya Nagih

Ia mengatakan dalam satu porsi rujak kelang terdiri dari rumput laut, buah-buahan, siwil, bakdabak (gorengan), bihun serta ikan.

"Untuk ikannya sendiri itu ikan kelang atau ikan merah mata besar. Jadi harus pakai ikan itu, karena ikan kelang rasanya lebih gurih, " imbuhnya.

Baca juga:
Mencicipi Gurih Pedasnya Bekicot Rica-rica di Lamongan

Dalam satu porsi rujak kelang harga yang ditawarkan cukup murah, yakni Rp15 ribu lengkap dengan satu ekor ikan kelang kukus.

"Ikannya kami ambil dari nelayan sekitar jadi setiap hari fresh. Dari nelayan langsung kami bersihkan dan kukus, " pungkasnya.