Pixel Codejatimnow.com

Viral Fenomena Awan Berlubang di Langit Jember, Begini Kata BMKG

Editor : Zaki Zubaidi  Reporter : Sugianto
Fenomena awan berlubang di langit Jember yang viral. (Foto-foto: Sugianto/jatimnow.com)
Fenomena awan berlubang di langit Jember yang viral. (Foto-foto: Sugianto/jatimnow.com)

jatimnow.com - Viral pemandangan aneh fenomena awan berlubang di langit Jember. Gambar-gambat awan berlubang itu tayang berbagai media sosial Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)

Forecaster BMKG Banyuwangi Pos Meteorologi Jember, Hukama Nur Akmal lewat pesan tertulisnya menyampaikan, pada pagi hari Selasa (4/6/2024), di wilayah langit Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, terdapat fenomena alam yang cukup unik, yaitu adanya lapisan awan yang berlubang.

Fenomena awan yang terjadi tersebut, merupakan awan yang biasa disebut dengan awan cavum. Atau dikenal juga dengan istilah awan celah melingkar, awan lubang jatuh dan awan lubang-lubang.

"Bentuk seperti celah pada awan itu paling sering ditemukan di lapisan awan altocumulus, diikuti oleh cirrocumulus dan kemudian stratocumulus," tulisnya, Selasa (4/6/2024).

Secara umum, lubang pada awan tersebut lebih tampak di lapisan altocumulus atau awan menengah yang terbentuk, ketika pesawat terbang melalui lapisan awan kumuliform yang tipis dan memicu glasial.

Baca juga:
Lamongan Diguyur Hujan Es Seukuran Batu Kerikil

Galsial membuat partikel awan yang berubah dari tetesan air menjadi partikel es. Sehingga muncul seperti efek domino.

Efek domino pada awan ini menciptakan celah di awan, tempat partikel es turun di ketinggian, dan terkadang melengkung karena kecepatan angin yang berbeda di ketinggian yang berbeda-beda.

Baca juga:
Puluhan Tukik Terdampar di Pantai Cengkrong Trenggalek, Kasihan Lo, Rek

"Awan cavum dapat ditemukan di antara tiga jenis awan, yakni cirrocumulus, altocumulus, dan stratocumulus," kata Akmal.

Dalam ilmu cuaca awan tersebut bisa disebut sebagai Cirrocomulus Cavum, Altocomulus Cavum, dan Stratocomulus Cavum yang masing-masing disingkat menjadi Cc cav, Ac cav, dan Sc cav.