Pohon Gada di Rumah Bung Karno Terbelah dan Tumbang

Editor: Arif Ardianto / Reporter: CF Glorian

Pohon Gada yang terbelah dan tumbang di rumah Bung Karno di blitar

jatimnow.com - Sebuah pohon Gada berusia 48 tahun yang ada di depan rumah masa kecil Presiden RI pertama, Bung Karno, di Blitar terbelah dan ambruk, Rabu (26/09/2018). Beruntung ambruknya pohon langka ini ini tidak menimbulkan korban jiwa.

Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 09.00 Wib. Selang beberapa menit sebelumnya, terdapat beberapa siswa SD yang sedang bermain di bawah pohon tersebut. Beruntung sesaat setelah anak-anak itu berpindah tempat bermain, pohon terbelah dan tumbang.

"Ambruknya nggak langsung tapi pelan pelan baru jatuh. Ditengah pohon memang sudah keropos. Berlubang jadi rapuh," kata Kepala Bidang Pengelolaan Kawasan Wisata, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Blitar, Heru Santoso, Rabu (26/09/2018).

Pohon Gada itu terbagi menjadi dua bagian dahan yang besar. Dua dahan menjulur kearah barat dan timur. Dahan yang ambruk berada di sebelah barat.

Diketahui pohon ini ditanam pada tahun 1970 atau empat puluh hari setelah Presiden Soekarno meninggal dunia. Pohon gada ini ditanam di depan rumah masa kecil Soekarno yang kini dijadikan sebagai obyek wisata sejarah Istana Gebang.

Petugas dari DLH, Kepolisian dan TNI gotong royong membersihkan dahan pohon yang ambruk. Sebagian pohon menimpa tenda yang digunakan untuk pentas di setiap Minggu.

Kondisi pangkal pohon yang tak lagi kuat membuat pemerintah memotong bagian dahan lain yang tersisa. Meskipun ini tergolong pohon langka, namun pohon ini akan ditebang demi menjaga keamanan para pengunjung.

"Karena kalau tidak dipotong malah bisa mengancam para pengunjung yang ada disini. Tapi kami juga sudah menanam dua pohon pengganti sejak tahun 2013. Itu ada dua itu yang disebelah timur," kata Heru sambil menunjuk dua pohon Gada yang sudah besar.

Untuk diketahui, di Indonesia, keberadaan Pohon Gada hanya ada di tiga tempat. Yakni di Istana Bogor, Kebun Raya Purwodadi Pasuruan dan di Kompleks Istana Gebang Blitar yang ada di Jln. Sultan Agung Kota Blitar.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter