jatimnow.com
Temuan Dinding Kuno di Mojokerto Diperkirakan dari Zaman Mojopahit

Batu bata kuno yang ditemukan masyarakat Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto menjadi tontonan warga/Foto: Khilmi Sabikhisma Jane.

jatimnow.com - Temuan dinding dari batu bata kuno setinggi dua meter di Dusun Sambeng, Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto bakal diteliti lebih lanjut oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Kepala Unit Penyelamatan BPCB Jatim, Nugroho Harjo Lukito mengatakan hasil survei sementara, batu bata kuno dan dinding batu bata tersebut diduga bekas pemukiman di era Kerajaan Majapahit akhir.

"Kami sudah survei ke lokasi pada Senin, (24/9/2018) lalu, hasil sementara yang kami dapat, itu (batu bata kuno) bekas pemukiman masa Majapahit akhir," ungkapnya saat dikonfirmasi jatimnow.com via selulernya, Kamis, (27/9/2018).

Hotel Sahid Surabaya 2222 Best Wedding Dates

Baca juga: Warga Mojokerto Temukan Dinding Kuno Setinggi 2 Meter di Dalam Tanah

Batu bata kuno yang terpendam dalam tanah berkedalaman sekitar satu meter itu, lanjut Nugroho, diperkirakan sebagai bangunan pada abad 14.

"Senin kemarin, kami lihat batu batanya, prediksi sementara kami, batu bata tersebut dibuat untuk membangun pemukiman pada akhir abad 14 hingga awal abad 15," kata Nugroho.

Nugroho menambahkan, BPCB Jatim berencana akan menyurvei ulang lokasi penemuan batu bata kuno di Dusun Sambeng, Desa Belahan Tengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto.

"Nanti sore, Kamis (27/9/2018) kami rencananya akan ke lokasi lagi, mungkin sekitar jam 3 sore tim kami akan datang ke lokasi," imbuhnya.

Survei ulang tersebut dilakukan BPCB Jatim lantaran ada temuan baru, yakni dinding batu bata setelah warga melakukan penggalian di lokasi penemuan batu bata kuno.

Reporter: Khilmi Sabikhisma Jane

Loading...

 

Berita Terkait