Kenalkan Jenis-jenis Satwa, SD Muhammadiyah 15 Ajak Siswanya ke KBS

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Farizal Tito

Seorang siswa SD Muhammadiyah 15 sedang memberi makan hewan

jatimnow.com - Mengedukasi siswa untuk melihat secara langsung berbagai jenis hewan, SD Muhammadiyah 15 Surabaya mengajak siswanya mengunjungi Kebun Binatang Surabaya (KBS), Kamis (4/10/2018).

Kebun Binatang Surabaya (KBS) adalah tempat yang paling representatif untuk mengenalkan aneka jenis hewan kepada anak-anak. Selain edukatif, disana juga menyediakan tempat bermain untuk anak.

Dikemas dalam outing atau Pembelajaran Luar Kelas (PLK) guru SD Muhammadiyah 15 mengenalkan satu-persatu binatang kepada siswa.

Wajah lucu dan penuh semangat sudah terpancar dari raut muka mereka, Saat memasuki gerbang sekolah dan bersalaman dengan para guru, mereka tampak bersemangat akan mengikuti PLK.

"Mau kemana adik, kok bawa bekal banyak dan berpakaian olahraga." tanya guru.

"Aku mau ikut ke kebun binatang, untuk melihat binatang dan ngasih makan, ni makanya...hehe," jawab Chiara Asqiya, siswi kelas 1 Spider sambil menunjukkan bekal.

Sambari berkeliling, Reni Ayu Puspita, pemandu PLK menjelaskan dengan detail mengenai koleksi satwa yang ada di KBS. Anak-anak ini adalah harimau Sumatera, hewan ini sangat dilindungi di Indonesia, jadi kita harus menjaga kelestarian lingkungan kita agar harimau bisa terus hidup dan berkembang biak," terang Reni kepada para siswa.

Di kebun binatang, para siswa diajak memberi makan rusa dan bernyanyi bersama. Selain itu juga tampak wali murid yang ikut mendampingi putra-putri mereka. Yusni Wulandari salah satu walimurid mengaku senang dengan program PLK atau biasa sebut outing class itu.

Menurutnya, selain bisa mengenal satwa. Outing KBS ini juga membuat anak-anak semakin bersemangat untuk belajar. Sebagai sarana olahraga sekaligus ajang silaturahmi antara walimurid.

"Saya sangat senang dan mengapresiasi kegiatan ini. Selain bisa mendampingi putra putri. Para walimurid juga saling kenal," tuturnya.

Seusai berkeliling, Tak lupa pula siswa siswi berfoto bersama dengan hewan serta memberikan makanan untuk rusa.

"Saya senang memberikan makan rusa, banyak hewannya, saya suka sama kuda Nil dan gajah, semua hewan sehat" Sambung Chiara Asqiya di akhir kunjungan.

Indah Fatmawati, Guru kelas 1 menjalaskan bahwa PLK sebagai upaya untuk membangun semangat belajar bagi siswa di era pembelajaran yang serba digital ini.

"Mereka mengenal hewan yang belum pernah mereka lihat, jika selama ini hanya melalui media gadget, kali ini anak-anak berinteraksi langsung dengan hewan yang mereka lihat, semoga bermanfaat untuk anak-anak dan menanamkan kecintaan kepada sesama makhluk hidup" jelasnya.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter