Bupati Ipong Jamin Tak Akan Ada Putus Generasi Reog

Editor: Erwin Yohanes / Reporter: Mita Kusuma

Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni

jatimnow.com - Ketakutan putus generasi jaman now tidak ada yang bisa berkesenian reog dibantah oleh Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni. Apalagi visinya menuju Ponorogo menjadi kota berbudaya dan religius.

Dia mengaku, sangat banyak yang bisa berkesenian reog. Anak-anak SD, SMP, SMA bisa Jathilan, Bujang Ganong maupun Dadak Merak. Tidak hanya itu, kesenian lain seperti Karawitan, Dalang cilik Ponorogo juga punya.

"Saya jamin tidak akan ada putus generasi. Karena banyak potensi tersimpan. Pun ada dukungan dari Pemkab Ponorogo," kata suami dari Sri Wahyuni ini.

Ia mengatakan, saat ini juga memberi bantuan kepada SMP dan SMA. Pun bantuan dana kepada desa-desa untuk mempunyai grup reog.

"Saya jamin tidak ada desa atau kelurahan yang tidak punya grup Reyog. Di sekolah juga pasti ada. Jadi saya jamin tidak ada putus generasi," klaimnya.

Baca juga: Inilah Penampakan Museum Reog Ponorogo

Untuk pengrawit atau pemain karawitan cilik juga akan dibudayakan. Dengan mengadakan lomba karawitan cilik setiap tahunnya.

Untuk masalah dana, lanjut ia juga menggerojok dana yang tidak sedikit. Setiap tahunnya ada Rp 1 - Rp 2 Milyar dibagi seluruh desa untuk mengembangkan kesenian Reog. Sementara untuk sekolah disediakan dana Rp 500 juta. Promosi Rp 1 Milyar dan pembangunan museum Reog telan dana Rp 50 Milyar.

Reporter: Mita Kusuma.

Editor: Erwin Yohanes

Tinggalkan Komentar

jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter