Tour de Djawatan, Menyusuri Hutan Trembesi Tua di Banyuwangi

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Irul Hamdani

Suasana di Hutan de Djawatan, Banyuwangi.

jatimnow.com – Jika berlibur dan berwisata ke Banyuwangi, kurang lengkap rasanya jika belum mengunjungi objek wisata Hutan de Djawatan di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, Banyuwangi.

Di tempat ini, pengunjung akan menikmati pohon trembesi yang rata-rata usianya sudah mencapai ratusan tahun. Karena usianya sudah tua, tentu saja ukuran pohonnya menjadi raksasa dan menggoda mata.

Berada di hutan ini, serasa berada di bawah rangkaian payung alam raksasa. Sejuk dan asri. Di Djawatan, pengunjung bisa bersantai sambil berswafoto.

Selain itu, para pengunjung juga bisa menikmati hutan ini dengan berkeliling naik Delman atau Dokar. Dengan merogoh duit Rp 10 ribu, maka pengunjung akan diantar berkeliling menyusuri hutan trembesi seluas 4 hektar itu.

"Setiap hari banyak pengunjung, tapi yang paling ramai hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional," ujar Suroto, salah satu Kusir Delman di Djawatan, ditemui jatimnow.com, Minggu (28/10/2018).

Menurut Suroto, dulunya tempat ini dikenal dengan nama Tapel Pelas. Tempat ini dulu dijadikan sebagai tempat penimbunan hasil hutan, khususnya kayu.

Hutan Djawatan ini milik Perhutani KPH Banyuwangi Selatan dan mereka pula yang mengelolanya saat ini.

Administratur (ADM) KPH Banyuwangi Selatan, Dwidjono Kiswurjanto mengatakan, konsep wisata Djawatan lebih kepada ekowisata. Secara bertahap, pihaknya melakukan perbaikan dan pembenahan fasilitas Djawatan.

"Dokar atau Delman misalnya, itu para mitra kita untuk atraksi wisata di sini," jelasnya.

Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan sejumlah fasilitas pendukung lainnya. Jika sejauh ini hanya dibuka pagi hingga sore saja, maka dalam waktu dekat Djawatan akan buka sampai malam hari.

"Lampu-lampu hias sekaligus sebagai penerangan akan kita instalasi. Cafe dan sebagainya. Kita terus lakukan pembenahan," pungkasnya.

 

 


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter