Peserta Tes CPNS Madiun Sembunyikan Jimat Dalam Bra

Editor: Arif Ardianto / Reporter: Mita Kusuma

Pemeriksaan peserta tes CPNS di Ponorogo

jatimnow.com - Kepercayaan terhadap jimat atau benda bertuah untuk meluluskan suatu keinginan masih tinggi di Indonesia. Terbukti, panitia Tes Kompetensi Dasar (TKD), Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kabupaten Madiun mendapati banyak peserta membawa jimat.

Panitia menemukan berbagai jimat yang dibawa oleh peserta pada seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Temuannya pun unik-unik. Peserta menyimpan jimat-jimat tersebut di tempat yang tak wajar.

"Kalau kita temuannya unik. Dalam artian peserta nekat menyimpan jimat di bra dan celana dalam juga," kata Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Madiun, Sigit Budiarto, Selasa (6/11/2018).

Menurutnya, pihaknya menemukan saat tim panitia menggeledah tas dan pakaian peserta tes.

"Semua digeledah. Jika terasa janggal ya kami bongkar semua," urainya.

Ia mengatakan, penggeledahan awal dengan scanning dengan metal detector. Namun, bila benda selain besi tidak bisa dideteksi, maka langkah selanjutnya dilakukan penggeledahan badan.

Ia menjelaskan, jimat yang ditemukan beragam. Ada yang berbentuk besi tua, rajah, bawang, irisan kunir, kacang hijau, garam hingga rambut.

"Jumlahnya mencapai belasan hingga puluhan jimat," ujar Sigit.

Sigit mengatakan, dari hasil interogasi awal, peserta rata-rata mendapatkan jimat dari orang tua, tokoh agama sampai orang yang dianggap pintar.


jatimnow.com menyajikan pemberitaan di daerah Jawa Timur dan sekitarnya, menyajikan berita yang dikemas dengan apik tanpa mengabaikan nilai-nilai jurnalisme.

Jalan Jimerto No. 17a Surabaya

Call:  (031) 99248116

Email: jatimnow@gmail.com

Newsletter